Ancaman Varian Omicron, Sri Mulyani Yakin Ekonomi Tetap Tumbuh 4% | Pranusa.ID

Ancaman Varian Omicron, Sri Mulyani Yakin Ekonomi Tetap Tumbuh 4%


Ilustrasi ekonomi: detik.com

PRANUSA.ID– Di tengah badai ancaman penyebaran Corona varian baru Omicron, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tetap optimis pertumbuhan ekonomi nasional masih bisa mencapai 3,5 sampai empat persen di penghujung tahun ini.

Dalam sebuah webinar nasional, Sri Mulyani mengatakan, keyakinan untuk bisa mencapai target pertumbuhan ekonomi ini didukung oleh keberhasilan pemerintah dalam menangani Covid-19 varian delta.

Namun, di satu sisi ia mengaku bahwa pemerintah tetap mewaspadai perkembangan mutasi kasus baru Omicron yang saat ini tengah melanda banyak negara dan berpotensi mengganggu pemulihan ekonomi.

“Saat ini kita berada di level terendah dalam hal jumlah aktif maupun penularan covid-19. Ini bukan berarti Indonesia berpuas diri dengan pencapaian ini. Kami sangat waspada dan tentunya mencermati apa yang sebenarnya sedang terjadi di berbagai belahan dunia dengan meningkatnya kasus atau mutasi kasus baru Omicron,” terangnya Selasa, 30 November 2021.

Selain itu, ia juga mengakui bahwa upaya dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi sampai dengan akhir tahun bukan hal yang mudah. Apalagi Indonesia sempat menghadapi kenaikan kasus covid-19 pada awal 2021, yang disusul varian delta di pertengahan tahun.

“Karena tentu saja dua kuartal yang sangat sulit yaitu kuartal I ketika kita juga melihat peningkatan kasus pasca natal serta tahun baru, Maret lalu. Kemudian gelombang kedua varian delta tahun ini antara Juli hingga pertengahan Agustus. Dengan pemikiran tersebut, Indonesia terus sangat optimis dalam proses pemulihan,” pungkasnya.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top