Tentang Kami | Pranusa.ID

Tentang Kami

Lahir dan Besar untuk Kalimantan Barat

Pranusa.ID (Pranala Nusantara) merupakan media komunitas asal Kalimantan Barat yang bergerak di bawah naungan Jangkar Nusantara. Pranusa.ID didirikan pada tanggal 6 September 2019 di Pontianak. Sampai saat ini, Pranusa.ID terus aktif dan berkembang menyesuaikan diri dengan perkembangan era digital agar menjadi media profesional Kalimantan Barat berskala nasional yang aktual dan kredibel.

Sejarah Pranusa.ID
Berdirinya Pranusa.ID sekarang sebagai media komunitas tidak terlepas dari ide seorang mantan guru dan mantan siswa yang kala itu berdiskusi tentang perkembangan arus informasi berbasis digital. Mereka kemudian mencetuskan gagasan untuk membentuk media komunitas berbasis di Kalimantan Barat dengan harapan di provinsi ini kelak akan hadir media informasi digital profesional yang mempunyai skala/jangkauan nasional.

Maka kemudian lahirlah Pranusa.ID yang merupakan kependekan dari Pranala Nusantara. Dalam nama ini, ada harapan bahwa media ini bisa menjadi perekat untuk informasi seluruh Indonesia. Pranusa.ID kemudian masuk naungan dan pendampingan dari Jangkar Nusantara pada tanggal 15 September 2019, sebuah komunitas sosial digital yang bercirikan Pancasila.

Pranusa.ID hadir dengan upaya memperlihatkan pemilihan diksi berita yang lugas, mudah dipahami, profesional, berimbang, dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan nuansa merah putih pada web, memperlihatkan pula komitmen Pranusa pada Indonesia. Ciri khas lain dari Pranusa.ID adalah keberadaan rubrik Sorot Kalbar dan Kabar Komunitas. Sorot Kalbar merupakan wadah khusus yang dibuat untuk publikasi informasi seputar Kalimantan Barat dan menjadi ciri khas penting dari Pranusa.ID yang tumbuh berkembang serta eksis di provinsi ini. Kemudian juga ada rubrik Kabar Komunitas sebagai wadah aktualisasi bagi organisasi/komunitas lokal dan nasional yang hendak membagikan kegiatan positifnya kepada masyarakat luas.

Visi:
Menjadi media Kalimantan Barat berskala nasional dengan semangat mencerahkan masyarakat, adil dalam memberitakan, independen, dan kredibel.

Misi:
1. Dinamis dan kritis dalam mengikuti perkembangan digital beserta penggunanya
2. Menghadirkan kualitas jurnalistik yang berasaskan pada prinsip-prinsip profesionalisme
3. Terbuka terhadap segala pandangan progresif untuk menghasilkan media yang aktual dan mendidik

Nilai:
Kerja keras, profesional, menghargai kebhinekaan, terbuka, humanis, jujur, dan demokratis.

Top