Bankir Sebut Ekonomi Indonesia Lebih Tangguh Di Antara G20 | Pranusa.ID

Bankir Sebut Ekonomi Indonesia Lebih Tangguh Di Antara G20


ILUSTRASI: Keuangan.

PRANUSA.ID– Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk.(BDMN) Yasushi Itagaki berpendapat bahwa meski tengah menghadapi krisis global, keadaan ekonomi Indonesia dalam posisi lebih solid ketimbang negara-negara G20 lain.

Sejumlah aspek, menurut Itagaki, menjadi pemicunya. Salah satu yang dinilainya krusial adalah lonjakan harga komoditas.

Selain itu, masih menurut Itagaki, posisi kuat Indonesia saat ini juga disebabkan keberhasilan pemerintah dalam mengelola ekonomi fiskal hingga menjaga arus perdagangan. Meski mata uang rupiah pun tak luput dari pelemahan terhadap nilai dollar, Itagaki melihat level pelemahan mata uang Indonesia tidak seterpuruk mata uang negara-negara senasib lain.

Namun, Itagaki juga menggarisbawahi bahwa Indonesia tidak bisa serta merta jemawa. Mengingat,  kondisi perekonomian global sedang bergejolak.

Di tengah kondisi yang menantang ini, Itagaki pun menjanjikan bahwa BDMN akan mengawal ketahanan ekonomi di kalangan nasabahnya. BDMN juga menyatakan tekad untuk memperkuat strategi proaktif, alias jemput bola, dalam melayani kebutuhan nasabah. Baik kebutuhan pendanaan maupun layanan perbankan lain. 

“Jika dahulu bank menunggu nasabah untuk mendapat layanan perbankan, sejak diakuisisi oleh MUFG, Danamon lebih proaktif dalam mendekatkan diri kepada nasabah,” kata Itagaki kepada Bisnis, Kamis 28 Oktober 2022. 

Perusahaan telah menggelar pameran business matching yang melibatkan korporasi lokal nasabah Bank Danamon, dengan perusahaan-perusahaan multinasional di berbagai negara. Perseroan juga menggelar seminar yang mempertemukan antara korporasi di Jepang dan Asia Tenggara, yang merupakan klien dari MUFG. 

“Kami menganalisa kebutuhan dari kedua pihak, kemudian mengundang dan membuat pertemuan di zoom meeting. Agenda ini banyak diikuti oleh perusahaan-perusahaan Indonesia, sehingga mereka bisa menemukan kanal distribusi, suplai dan lain sebagainya, dari berbagai sektor industri,” kata Itagaki.

Itagaki juga mengatakan untuk menjaga pertumbuhan pada tahun depan, perseroan akan berfokus dalam memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah, termasuk melalui pengembangan teknologi. 

TEMPO.CO

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top