DJP Bicara soal Pentingnya Edukasi Perpajakan untuk Generasi Emas 2045 | Pranusa.ID

DJP Bicara soal Pentingnya Edukasi Perpajakan untuk Generasi Emas 2045


Penulis: Marsianus N.Nggoi
Editor: Jessica C. Ivanny

PRANUSA.ID — Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara I Eddi Wahyudi menegaskan pentingnya edukasi sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran pajak masyarakat.

“Upaya untuk mewujudkan kepatuhan wajib pajak yang berkelanjutan ini dapat membantu DJP dalam merealisasikan target penerimaan pajak,” kata Eddi, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (1/6/2023).

Ia menilai edukasi tersebut dapat diberikan kepada masyarakat lewat pelaksanaan Forum Edukasi Perpajakan yang telah dilaksanakan di Medan pada tanggal 29-31 Mei 2023.

Eddi menjelaskan, Forum Edukasi Perpajakan itu dilakukan untuk pelatihan dan pengayaan dalam melaksanakan program Inklusi Kesadaran Pajak.

Menurutnya, forum tersebut dapat membangun koordinasi dan sinergi yang positif antara Kantor Pusat DJP, Kantor Wilayah DJP dan Kantor Pelayanan Pajak dalam menyebarkan wawasan soal perpajakan.

“Strategi edukasi yang bersifat integral dan komprehensif sangat dibutuhkan agar seluruh unit kerja DJP memiliki pandangan dan arah yang sama dalam melaksanakan edukasi perpajakan,” ujar Eddi.

Di DJP sendiri, kata Eddi, edukasi kepada masyarakat dilakukan oleh Direktorat Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas).

Direktorat P2 Humas mendapatkan tugas untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak dengan program memantau dan mengevaluasi Inklusi Kesadaran Pajak.

Sebagai informasi, Forum Edukasi Perpajakan 2023 di Medan diikuti oleh 100 peserta dari pihak internal maupun eksternal DJP.

Perwakilan internal berasal dari DJP, sementara pihak eksternal seperti dari Kementerian Agama Republik Indonesia, Penyusun Buku Inklusi Kesadaran Pajak Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah dan perwakilan Kampus Mitra Inklusi.

Direktur P2Humas DJP Dwi Astuti Dwi Astuti berharap agar kegiatan ini dapat menambah gairah dan dukungan dari pemangku kepentingan tentang manfaat dan peranan pajak dalam pembangunan.

Selain itu, ia juga berharap kegiatan tersebut turut berkontribusi dalam menciptakan generasi emas Indonesia.

“Kami berharap acara ini turut membantu untuk membentuk generasi emas Indonesia 2045 yang cerdas serta sadar pajak,” tuturnya. (*)

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top