Dukung Ekonomi Pernanden Karo, PNM Realisasikan Pinjaman Tanpa Agunan Rp 160 Miliar lebih 


Arya Sinulingga berbincang dengan para AO Mekaar di Kabupaten Karo (Dok. Arya Sinulingga)

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, telah menyalurkan Rp 160 miliar lebih pinjaman ke penggerak ekonomi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara sejauh ini. Penyaluran pinjaman tanpa agunan ini diharapkan dapat membantu pernanden atau kaum ibu pelaku usaha ultra mikro di Karo. Terlebih dalam mendukung sektor pertanian di wilayah Tanah Karo yang dikenal sebagai sentra pertanian.

Komitmen dari Menteri BUMN Erick Thohir untuk membantu pelaku usaha ultra mikro terus berlanjut dan tahun ini rencananya akan menurunkan suku bunga lewat program MEKAAR pinjaman tanpa agunan kepada ibu-ibu,” ungkap Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN lewat akun Facebooknya, Selasa (24/8/2021).

Arya yang turut menyaksikan penyaluran bantuan ini meninjau langsung rumah para penggerak PNM yang membina 3 ribu ibu rumah tangga di Kota Kabanjahe dan sekitarnya. Dengan menyalurkan pinjaman tanpa agunan senilai Rp 2 juta hingga Rp 9 juta, para Account Officer (AO) yang umumnya adalah milenial Karo turut berkontribusi dalam membantu pelaku usaha ultra mikro.

Arya menyebut jangkauan pelayanan AO di Tanah Karo sendiri mencapai sekitar 14.400 orang lebih dengan pinjaman yang telah diserap mencapai Rp 160 miliar.

“Bekerja tanpa banyak bicara, ternyata merekalah salah satu penggerak ekonomi ibu-ibu atau pernanden di Karo,” urainya.

Arya dalam pertemuan tersebut mendorong PNM Karo untuk terus meningkatkan jumlah pinjaman dan jumlah nasabah. Terlebih untuk melayani kalangan ibu di desa-desa untuk membantu bidang pertanian.

Tak hanya mendukung kaum ibu, para AO sendiri menurut Arya turut didukung untuk berkembang melalui beasiswa pendidikan yang disiapkan.

“Di samping itu, AO Mekaar di Karo juga sudah diberikan kesempatan untuk menaikkan kualitas mereka dengan mendapatkan beasiswa masuk S1 dan S2 di Sumut,” sebutnya.

 

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top