Hankook Tire Sambut BMW M GmbH, Pelanggan Baru Segmen Kendaraan High-Performance | Pranusa.ID

Hankook Tire Sambut BMW M GmbH, Pelanggan Baru Segmen Kendaraan High-Performance


BMW X4 M menggunakan ban Hankook

Pranusa.ID– Perusahaan ban global Hankook Tire melengkapi BMW X3 M dan X4 M dengan ban premiumnya. Ini merupakan pertama kalinya bagi mobil BMW M GmbH. Ban Ventus S1 evo Z terbaru Hankook, yang diadopsi secara ex works, telah dikembangkan secara khusus untuk segmen kendaraan UUHP (Ultra-Ultra-High-Performance) untuk mobil sporty dengan high-performance.

Ban Ventus S1 evo Z Hankook ini tersedia untuk kedua model BMW M GmbH dengan ban berukuran 255/40 ZR21 102Y untuk bagian depan dan 265/40 ZR21 105Y untuk bagian belakang yang telah disesuaikan dengan kebutuhan spesifik BMW M GmbH. Ban ini memiliki level cengkeraman yang tinggi dan panduan lateral yang akurat untuk handling yang optimal, bahkan ketika dalam kondisi sporty. Keunggulan tersebut menjadi kriteria penentu dalam proses persetujuan kolaborasi ini, di mana sesuai tradisi, seluruh model M harus melakukan tes performa di tikungan legendaris Nordschleife di Nürburgring.

Ultra-Ultra-High-Performance adalah nama kategori ban yang diperkenalkan oleh Hankook tahun ini dengan diluncurkannya Ventus S1 evo Z ke pasar. Pertama kalinya bagi Hankook sebagai produsen ban premium, kendaraan BMW M GmbH model X3 M dan X4 M akan menampilkan tapak baru ban Hankook. Karakteristik Hankook Ventus S1 evo Z menegaskan DNA motorsport dari model M, yaitu dinamika tinggi, kelincahan, dan presisi. Dengan output maksimum 510 hp dan 650 Nm pada torsi, kedua model tersebut berakselerasi dari 0 hingga 100 KM per jam dalam 3.8 detik.

Lebih lanjut mengenai uji coba di lapangan, kombinasi ban yang digunakan dalam ukuran 255/40 ZR21 102Y☆ di bagian depan dan 265/40 ZR21 105Y☆ di bagian belakang juga diuji secara ekstensif pada kecepatan maksimum di tikungan legendaris Nordschleife di Nürburgring. Hal ini membuktikan bahwa susunan ban cukup kuat dan mampu memenuhi kebutuhan model M di setiap waktu.

“Perusahaan kami didirikan 80 tahun yang lalu, maka, tentu saja merupakan hadiah yang spesial bahwa produk terbaru kami mampu memenangkan BMW M GmbH, pelanggan yang sangat bergengsi dari segmen produsen sports car.” ucap Jeongho Park, Executive Vice President and Director of OE Division, sebagaimana disampaikan dalam rilis yang diterima Pranusa, Kamis (12/8/2021).

Untuk segmen kendaraan dengan kebutuhan tinggi seperti ini, jika berbicara mengenai ban, Ventus S1 evo Z telah dilengkapi dengan material komposit aramid pada karkas berlapis ganda. Hal ini mencegah deformasi yang berpotensi disebabkan oleh kenaikan suhu selama pemakaian berkepanjangan. Sebaliknya, deformasi bisa menyebabkan meningkatnya putaran gulir yang tidak diinginkan dan berkurangnya akurasi handling saat berada di kecepatan tinggi. Serat aramid memiliki daya tahan panas yang ekstrem dan punya karakter khusus yaitu kekuatan yang sangat tinggi serta redaman dengan bobot rendah yang relatif sesuai ukuran bannya. Pola tapak baru ban Hankook memiliki stabilitas ekstra berkat baja berkekuatan tinggi di area sabuk dan bead-nya yang dikombinasikan dengan sisi luar ban yang diperkuat, memastikan stabilitas garis lurus dan kemudi yang presisi, serta handling yang sporty dan dinamis.

Fokus lain saat mengembangkan Ventus S1 evo Z adalah pada level cengkraman yang tinggi dalam kondisi cuaca berbeda. Senyawa tapak yang digunakan diambil dari pusat penelitian dan pengembangan motorsport Hankook. Demi interaksi yang optimal pada fillers, silika dan resin alami, polimer fungsional generasi terkini telah digunakan dalam campurannya. Komponen ini akan memastikan konsistensi level cengkraman yang tinggi dalam berbagai macam pengaplikasiannya. Teknologi senyawa yang digunakan dalam produksi ini berasal dari pengembangan ban balap Hankook, di mana sejumlah material kecil diproses dengan lembut dalam periode waktu yang cukup lama.

Hankook Ventus S1 evo Z juga menggunakan pola tapak dengan desain asimetris yang sering terlihat pada tapak kendaraan sporty. Penyusunan blok tapak ban telah dikembangkan untuk memastikan kekakuan blok yang optimal dalam berbagai kondisi mengemudi. Tiga alur drainase yang diposisikan dalam area tapak akan memastikan air terdrainase secara efisien saat kondisi basah. Ditambah lagi, area luar tapak ban mendapat perhatian khusus, yang mana proporsi tapak yang meningkat signifikan memenuhi kebutuhan menikung performa tinggi dan panduan lateral yang akurat, khususnya untuk gaya mengemudi yang sangat sporty saat kondisi kering. Ban lainnya untuk para model M GmbH juga sedang dalam pengembangaan Hankook.

Ban Ventus S1 evo Z terbaru Hankook kini digunakan sebagai perangkat orisinal (original equipment) produsen kendaraan premium dan tersedia dalam 15 dimensi dari 19 hingga 21 inci dengan lebar tapak antara 225 dan 315 mm lintas kategori dari Series 30 hingga 45. Sepanjang tahun, lebih banyak ukuran tambahan akan melengkapi daftar produk dengan fokus kelas high-end.

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top