Heboh Laporan RI Punya Utang Terselubung Rp488,9 Triliun dengan China | Pranusa.ID

Heboh Laporan RI Punya Utang Terselubung Rp488,9 Triliun dengan China


FOTO: Bendera nasional Tiongkok terlihat di Beijing, Tiongkok, 29 April 2020. REUTERS/Thomas Peter

PRANUSA.ID– Lembaga riset Amerika Serikat, Aiddata, mengungkap Indonesia sebagai salah satu negara penerima utang terselubung (hidden debt) terbesar dari China. Indonesia disebut ada di posisi lima sebagai negara penerima utang terbanyak dari China.

Hal tersebut diungkapkan Aiddata dalam laporannya berjudul “Banking on the Belt and Road: Insight from a new global dataset of 13.427 Chinese Development Projects”.

Dalam laporan tersebut, disebutkan pada rentang 2000-2017, nilai utang dari China mencapai USD 34,38 miliar atau dengan kurs saat ini setara Rp 488,9 triliun. Utang terselubung China ini mengalir ke sejumlah proyek infrastruktur yang digarap BUMN dan swasta. Adapun proyek yang didanai utang dari China mulai dari bendungan hingga kereta cepat Jakarta-Bandung.

Menanggapi laporan dari Aiddata, Staf Khusus Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo, menjelaskan utang terselubung Indonesia dari China bukan termasuk utang pemerintah. Melainkan utang tersebut melalui skema bisnis dengan BUMN maupun perusahaan patungan dan swasta.

Sehingga, jika pihak itu menerima pinjaman tersebut, bukan menjadi tanggung jawab negara, tapi menjadi tanggung jawab mereka.

“Utang tersebut dihasilkan dari skema Business to Business (B-to-B) yang dilakukan dengan BUMN, bank milik negara, special purpose vehicle, perusahaan patungan, dan swasta. Utang BUMN tidak tercatat sebagai utang Pemerintah dan bukan bagian dari utang yang dikelola Pemerintah,” ujar Prastowo dalam akun Twitternya @prastow, Jumat (15/10).

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top