Lampaui Target Wisatawan Asing, Sandiaga: Kami Proyeksikan Akhir Tahun Capai 5,2 Juta Kunjungan | Pranusa.ID

Lampaui Target Wisatawan Asing, Sandiaga: Kami Proyeksikan Akhir Tahun Capai 5,2 Juta Kunjungan


FOTO: Sandiaga Uno (Kumparan.com)

PRANUSA.ID — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan, target 3,6 juta wisatawan mancanegara pada 2022 telah terlampaui.

Sandiaga menyebut, hal ini merupakan angin segar bagi sektor pariwisata yang terseok-seok karena penerbangan internasional sempat ditutup akibat pandemi Covid-19.

Sandiaga menargetkan, jumlah wisatawan mancanegara yang tiba di Indonesia akan menembus angka 5,2 juta orang.

“Hari ini target 2022 sudah terlampaui tadinya 3,6 juta, kami sekarang sedang memproyeksikan akhir tahun akan mencapai 5,2 juta kunjungan wisatawan mancanegara,” ujar Sandiaga di Semarang, Sabtu (10/12/2022).

Sandiaga juga fokus melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada wisatawan terkait pengesahan KUHP yang menjadi sorotan wisatawan internasional.

Sosialisasi itu disampaikan melalui biro perjalanan wisata agar para wisatawan tak salah persepsi.

Sandiaga menyatakan, langkah sosialisasi diambil karena pihaknya menilai sorotan dari pihak internasional itu berpotensi mengurangi minat turis asing berwisata ke Indonesia.

“Kita langsung bergerak, saat kita mengantisipasi ini menjadi salah satu kekhawatiran,” ujar

Kemeparekraf meminta agar semua pihak tidak khawatir berlebihan. Ia akan melindungi hak wisatawan dan investor di Indonesia.

Sandiaga menerjunkan tim ke Australia yang menjadi salah satu pasar pariwisata Indonesia. Kementerian memberikan kepastian dan menjamin keamanan hingga kenyamanan wisatawan asing di Indonesia.

“Ini terus bersosialisasi secara masif kepada para calon wisatawan yang akan berkunjung. Menyatakan Indonesia karpet merah untuk wisatawan, terbuka menghargai tamu dan kami menerima tamu ini layaknya raja,” bebernya.

Jika wisatawan asing mulai ragu, Sandiaga berencana merevisi Undang-Undang Pariwisata tahun depan.

“Sehingga nanti keragu-raguan tersebut seandainya ada, akan terjawab di pasal-pasal yang akan kita masukkan di undang-undang pariwisata, rencananya 2023 akan kita sahkan,” kata Sandiaga.

Sandiaga menyebut, berdasarkan pantauan di bandara yang biasa menerima wisatawan asing seperti Bandara Ngurah Rai Bali dan Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, belum ada penurunan jumlah wisatawan. (*)

Sumber: Kompas.com

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top