Minimalkan Risiko Kecelakaan, KAI Imbau Penumpang Perhatikan Hal Ini | Pranusa.ID

Minimalkan Risiko Kecelakaan, KAI Imbau Penumpang Perhatikan Hal Ini


PRANUSA.ID — PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) meminta penumpang untuk selalu waspada ketika berada di dalam stasiun. Hal itu diperlukan untuk meminimalkan risiko kecelakaan.

Menurut Manager Humas KAI Daops 6 Yogyakarta Franoto Wibowo, salah satu hal yang mesti diwaspadai adalah area penyeberangan penumpang.

“Harus disiplin dan berhati-hati saat menyeberangi jalur kereta api. Tengok kiri dan kanan, pastikan aman baru menyeberang. Selalu ikuti arahan dari petugas apabila ingin menyeberang,” kata Franoto, dilansir Antara, Selasa (25/4).

Franoto menuturkan, penumpang juga harus memperhatikan garis kuning atau safety line di peron stasiun. Pasalnya, garis kuning adalah penanda batas aman untuk menunggu kereta ketika berdiri di stasiun.

“Berdirilah di belakang garis kuning ketika menunggu kereta demi keselamatan diri sendiri karena jika calon penumpang berdiri di depan garis kuning akan sangat berbahaya, sebab kereta yang lewat dapat menghempaskan angin yang cukup kuat dan membahayakan,” tuturnya.

Untuk itu, ia menilai, pihak stasiun tidak pernah berhenti mengingatkan penumpang untuk berdiri di belakang garis tersebut.

“Apabila ada barang yang jatuh ke rel dari peron tinggi, pengguna jasa KA bisa menghubungi petugas untuk mengambilnya. Jadi jangan ambil sendiri,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia juga meminta penumpang memperhatikan celah peron saat melangkah.

“KAI juga mengimbau kepada pelanggan untuk bergantian saat akan naik kereta dengan mendahulukan penumpang yang akan turun. Patuhi aturan demi keselamatan diri sendiri dan orang lain,” tegasnya. (*)

Penulis: Jessica C.
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top