Proyeksi Ekonomi RI Kuartal II Meleset, Minus hingga 5,32% | Pranusa.ID

Proyeksi Ekonomi RI Kuartal II Meleset, Minus hingga 5,32%


Ilustrasi: detik.com

PRANUSA.ID — Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suharyanto telah mengumumkan angka pertumbuhan ekonomi atau Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada kuartal II 2020.

Rilisan terbaru BPS itu menunjukkan PDB Indonesia sepanjang April hingga Juni lalu mengalami kontraksi (pertumbuhan negatif) minus 5,32% secara tahunan atau year-on-year (YoY).

Dengan begitu, beberapa proyeksi yang sempat disampaikan pemerintah, termasuk apa yang diperkirakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah meleset.

Sri Mulyani sebelumnya memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi minus 4,3% pada kuartal II 2020. Meski hampir mendekati realisasi yang baru dirilis BPS, namun proyeksi tersebut tetap meleset.

Sebagai informasi, pertumbuhan ekonomi negatif ini adalah yang pertama kalinya semenjak krisis finansial Asia terjadi di Indonesia pada periode 1998.

Hal ini terjadi karena pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang selama ini menopang ekonomi nasional minus 2,96 persen, pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) minus 2,73 persen, dan konsumsi Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) minus 0,1 persen pada kuartal II 2020.

(Cornelia)

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top