Sandi: Seharusnya Indonesia Jadi Aktor Kunci Industri Keuangan Syariah | Pranusa.ID

Sandi: Seharusnya Indonesia Jadi Aktor Kunci Industri Keuangan Syariah


FOTO: Menparekraf, Sandiaga Uno.

PRANUSA.ID — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia seharusnya menjadi aktor kunci dalam industri keuangan syariah.

“Total kelolaan aset perbankan syariah sendiri bernilai Rp646,2 triliun per September 2021,” kata Sandi dalam keterangannya, Sabtu (15/10).

Karena itu, ia mengapresiasi Bank Syariah Indonesia (BSI), Pemerintah Provinsi Aceh, dan Pemerintah Kota Banda Aceh yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam menghadirkan Coaching Clinic Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Kota Banda Aceh.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai ruang pertemuan antara perbankan syariah dengan pelaku usaha guna memberikan informasi terkait pembiayaan program KUR Syariah, sekaligus cara memanfaatkan program pembiayaan perbankan.

“Bank Syariah Indonesia (BSI) yang merupakan salah satu pemberi pinjaman terbesar di Indonesia, diharapkan dapat mendorong skala ekonomi, mengumpulkan dana dengan rate competitive, dan menyasar global investment,” tuturnya.

Berdasarkan data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) KUR, akses pembiayaan syariah di Provinsi Aceh telah disalurkan KUR oleh BSI kepada pelaku parekraf sebesar Rp706,4 miliar dengan jumlah 10.267 debitur pada Januari-Agustus 2022.

Adapun realisasi penyaluran KUR oleh BSI di Kota Banda Aceh pada Januari-Agustus 2022 sebesar Rp114 miliar dengan jumlah 1.259 debitur.

Dalam Coaching Clinic KUR Syariah Sektor Parekraf itu, 50 peserta memperoleh komitmen pembiayaan sebesar Rp3,1 miliar dengan jumlah 15 debitur. Adapun 35 peserta lainnya akan dilakukan tindak lanjut pengecekan kelayakan oleh BSI dalam mendapatkan pembiayaan KUR Syariah. (*)

Reporter: Antara
Editor: Jessica C.

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top