SESM Salurkan Dana Riset Pengembangan PV pada ITB | Pranusa.ID

SESM Salurkan Dana Riset Pengembangan PV pada ITB


PT. Sumber Energi Sukses Makmur (SESM), perusahaan produsen energi bersih, menyerahkan dana riset pengembangan PhotoVoltaic kepada Program Studi Teknik Metalurgi Institut Teknologi Bandung. Dukungan ini merupakan kelanjutan kerjasama antara kedua belah pihak yang telah dilangsungkan sejak tahun lalu.

“Dukungan SESM terhadap ITB merupakan bentuk sinergi kami dalam membangun energi berkelanjutan di Indonesia” ujar Zulfian Mirza, usai penyerahan dana riset pada pada Rabu (12/08/2020) di Jakarta.

Zulfian berharap dengan dukungan ini, ITB juga dapat melakukan riset secara optimal untuk kepentingan industri solar panel tanah air. Lebih jauh pihaknya juga mengapresiasi kerjasama kedua belah pihak yang terjalin baik selama ini.

Pihaknya pun turut menyampaikan kilas perkembangan bisnis SESM yang telah menjalin kerjasama dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit di Sumatera Selatan dan mitra dari China, untuk pengembangan PLTS berkapasitas 10.5 MW. Selanjutnya, pihaknya juga tengah menjajaki kerjasama pembuata mobil listrik yang rencananya akan dikembangkan di Batam.

Hal ini menurutnya merupakan komitmen dari SESM untuk pengembangan renewable energi di Indonesia. Sehingga kerjasama dengan FTTM ITB diharapkan bermanfaat di kemudian hari.

“Perusahaan ini sangat berkomitmen dengan pengembangan renewable energy. Kita berharap FTTM bisa terus mengembangkan riset dan masuk ke industri lebih lanjut” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Prof Ridho K Wattimena selaku Dekan FTTM menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang terjalin baik dengan SESM. Pihaknya pun mengharapkan bantuan ini dapat segera dimanfaatkan untuk pengembangan penelitian lebih lanjut.

“Mudahan bantuan ini dapat segera kita manfaatkan untuk penelitian di Metalurgi” ujarnya.

Sementara itu Zulfiadi selaku Ketua Prodi Metalurgi ITB menyampaikan bahwa ke depan, masyarakat global akan beralih ke energi alternatif. Sementara pada sisi lain, saat ini Indonesia masih tertinggal dalam pengembangan energi alternatif ini. Sehingga dukungan riset perguruan tinggi oleh pelaku industri diharapkan dapat mempercepat Indonesia untuk mempersiapkan peralihan ke energi alternatif.

“Terima kasih atas inisiatif yang sudah dilakukan oleh SESM bagi kami dan juga untuk Indonesia” ujar Zulfiadi.

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top