Subholding Gas Pertamina Luncurkan Aplikasi Monitoring Penyaluran Gas, Upaya Tingkatkan Pelayanan | Pranusa.ID

Subholding Gas Pertamina Luncurkan Aplikasi Monitoring Penyaluran Gas, Upaya Tingkatkan Pelayanan


Pranusa.ID- PT Pertamina (Persero) melalui Suholding Gas dan afiliasinya yaitu PT Pertamina Gas (Pertagas), terus berupaya mengedepankan kepuasan pelanggan dengan meningkatkan pelayanan. Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional 2021 yang jatuh pada tanggal 4 September, Pertagas meluncurkan sistem dashboard monitoring yang perdana digunakan oleh PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang pada Kamis (02/09).

Dengan sistem dashboard monitoring, pelanggan Pertagas dapat memonitor data penyaluran minyak dan gas bumi secara real time. Eryanto Soelarso, Manager Market Development Pertagas mengungkapkan, sebelumnya Pertagas terlebih dahulu melaksanakan kegiatan customer insight secara deep interview untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dari hasil interview, diketahui harapan-harapan pelanggan, salah satunya kebutuhan memonitor penyaluran gas secara mudah dan cepat tanpa jeda waktu.

“Kami kemudian berinovasi membuat tools dashboard monitoring yang sebelumnya menggunakan VPN menjadi web based melalui kerjasama dengan Subholding Gas,” ujar Eryanto.

Inovasi dashboard monitoring ini disambut baik oleh Pusri. Menurut Andri Azmi VP Operasi Pusri IIB, kehadiran dashboard monitoring memudahkan Pusri dalam memonitor penyaluran gas. “Dengan adanya dashboard monitoring dari Pertagas, sangat memudahkan kami sebagai produsen dalam memonitor penyaluran gas untuk pabrik-pabrik kami. Sistem ini sangat nyaman karena mudah diakses dimana saja, mirip dengan yg ada di e-commerce,” ujarnya.

Azmi menambahkan, sebelumnya data penyaluran gas dari Pertagas hanya dapat diakses 2 jam sekali. Kini, Pusri bisa melihat data real time tanpa jeda waktu sehingga pengelolaan pabrik menjadi lebih efisien.

“Sekarang kami sudah tidak khawatir akan jeda waktu data. Karena sekarang kami bisa melihat data secara real time dan disesuaikan dengan kondisi pabrik yang sedang berjalan,” Azmi menjelaskan.

Sistem dashboard monitoring ini memanfaatkan aplikasi SIPGAS milik PGN sebagai Subholding Gas Pertamina. Kedepannya, Pertagas akan terus berinovasi dengan aplikasi terkini sehingga dapat selalu memberikan pelayanan maksimal bagi para pelanggan. Selain Pusri, sistem dashboard monitoring akan mulai diperkenalkan pada key customer Pertagas lainnya seperti Petro Kimia Gresik dan PLN.

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top