Sutarmidji Beri Penghargaan Pelaku Usaha Terbaik untuk PT WHW Ketapang


Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. (TRIBUN)

PRANUSA.ID– PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW) yang beroperasi di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar) mendapatkan piagam penghargaan sebagai pelaku usaha terbaik dari Gubernur Kalbar, Sutarmidji.

Penghargaan itu sendiri diberikan oleh Gubernur Sutarmidji karena WHW sebagai Penanam Modal Asing dinilai telah mematuhi kewajibannya dalam melaksanakan kegiatan penanaman modal sesuai peraturan perundangan-undangan.

Di antaranya kewajiban untuk menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Tahun 2020 serta komitmennya dalam merealisasikan investasi yang telah direncanakan sesuai perizinan berusaha yang dimiliki.

“Keberadaan WHW memberikan pengaruh terhadap ekonomi dan masyarakat secara khusus di Kalimantan Barat dan di Indonesia pada umumnya,” ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Barat, Hendra

Ia pun menambahkan perusahaan tersebut juga berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja dan memberikan transfer teknologi bagi masyarakat Kalbar.

Sebagai informasi, saat ini, PT WHW dioperasikan oleh 3.010 orang yang merupakan warga negara Indonesia. Sebanyak 2.482 orang di antaranya berasal dari Kalimantan Barat.

WHW hadir sebagai pemurnian bijih mineral yang pertama dan terbesar di Indonesia sebagai bukti amanat Undang-Undang No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, yang mewajibkan adanya proses pengolahan dan pemurnian bijih mineral di dalam negeri. Bukti penerapan amanat undang-undang tersebut hadir pertama di Kalimantan Barat.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top