Bahaya Perubahan Iklim, Biden Singgung Jakarta yang Terancam Tenggelam


Presiden AS, Joe Biden. 

PRANUSA.ID– Presiden Amerika Serikat Joe Biden, menyinggung soal prediksi Jakarta yang akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan. Ia pun menyebutkan bahwa kondisi itu mendorong pemerintah Indonesia harus memindahkan Ibu Kotanya.

Hal tersebut ia sampaikan saat berpidato tentang bahaya perubahan iklim dan cara mengantisipasinya, di Pusat Kontra-Terorisme Nasional AS pada Selasa (27/7/2021) lalu.

Biden menjelaskan bahwa perubahan iklim menyebabkan kenaikan permukaan air laut. Akibatnya, sebagian kawasan dunia diprediksi bakal tenggelam dan jutaan orang bakal bermigrasi memperebutkan tanah subur.

“Apa yang terjadi di Indonesia jika perkiraan itu benar, bahwa dalam sepuluh tahun, mereka kemungkinan harus memindahkan ibu kota karena tenggelam?” katanya. .

Maka dari itu, Biden pun meminta AS untuk bekerja sama dengan dunia dalam upaya mencegah dampak perubahan iklim lebih jauh.

Terpisah, pada 2019 lalu, badan antariksa AS, NASA, juga pernah menyatakan bahwa tanah Jakarta kian tenggelam akibat perubahan iklim dan sejumlah masalah lainnya.

Dalam laporan yang diunggah di situs resmi mereka, NASA menyebutkan bahwa Jakarta memang kerap diterjang banjir sejak dulu.

“Dalam beberapa dekade belakangan, masalah banjir kian buruk, sebagian karena pemompaan besar-besaran air tanah yang menyebabkan tanah tenggelam, atau menyusut, dalam waktu cepat,” tulis NASA.

Laporan itu berlanjut, “Menurut beberapa perkiraan, saat ini sekitar 40 persen kota itu sudah berada di bawah permukaan laut.”

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top