China Akan Percepat Pembangunan Sistem Persenjataan dan Militer | Pranusa.ID

China Akan Percepat Pembangunan Sistem Persenjataan dan Militer


FOTO: Bendera nasional Tiongkok terlihat di Beijing, Tiongkok, 29 April 2020. REUTERS/Thomas Peter

PRANUSA.ID– Dilansir dari Kantor Berita Xinhua, Presiden China Xi Jinping dalam konferensi militer di Beijing menginstruksikan percepatan pembangunan sistem persenjataan dan peralatan militer modern untuk periode 2021-2025.

Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (CPC) yang juga Ketua Komisi Pusat Militer (CMC) itu juga mendorong adanya terobosan dalam pembangunan sistem persenjataan dan peralatan militer.

Xi mengapresiasi pencapaian pembangunan sistem persenjataan dan peralatan militer dalam kurun lima tahun terakhir, seperti rudal antarbenua (ICBM) Dongfeng-41 pada 2019 dan jet tempur J-20.

“Pencapaian itu telah menjadi tonggak dalam menciptakan kemampuan strategis dan kekuatan militer di negaranya,” katanya, Selasa (26/10/2021).

Namun Presiden Xi tetap meminta pembangunan militer tetap dilanjutkan, apalagi Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) akan berusia 100 tahun pada 2027 mendatang.

Sementara itu, Wakil Ketua CMC Zhang Youxia yang turut hadir dalam konferensi tersebut menekankan pentingnya pemenuhan kebutuhan stabilitas keamanan nasional, kesiagaan pasukan, kemandirian penguasaan teknologi berkelas dunia, dan mempercepat modernisasi sistem persenjataan dan peralatan militer.

Pakar militer China Song Zhongping, menyebut saat ini China memang sedang mengejar target modernisasi sistem pertahanan nasional dan pasukan bersenjata rampung hingga 2035.

“Untuk meningkatkan kemampuan tempur PLA, kunci utamanya adalah merealisasikan kekuatan dan independensi secara teknis. Saat menghadapi situasi keamanan sekitar yang rumit, kita harus menguasai sebanyak mungkin teknologi utama,” terangnya seperti dikutip Global Times, Rabu (27/10/2021).

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top