Pemimpin ISIS Dikabarkan Tewas Karena AS | Pranusa.ID

Pemimpin ISIS Dikabarkan Tewas Karena AS


(Gambar: Tribunnews.com)

 

PRANUSA.ID — Berdasarkan sumber informasi di Suriah, Irak diberitahu bahwa Khalifah Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi telah tewas.

Hal tersebut disampaikan oleh dua orang dari keamanan Irak kepada Reuters, Minggu (27/10/2019).

Salah satu sumber mengatakan bahwa Baghdadi ditemukan tewas terbunuh bersama pengawal pribadinya di Idlib setelah tempat persembunyiannya ditemukan ketika ia mencoba membawa keluarganya keluar dari Idlib menuju perbatasan Turki.

Sumber dari Suriah tersebut telah dikonfirmasi oleh tim intelijen Irak.

Menurut seorang pejabat Angkatan Darat AS yang memberi pengarahan tentang hasil operasi itu, selama serangan yang dilakukan militer AS di Suriah, Sabtu (26/10/2019), Baghdadi dikabarkan tewas setelah meledakkan rompi bunuh diri.

Operasi tersebut terjadi di provinsi Idlib, barat laut Suriah. Saat ini, milisi Islam Suriah termasuk mantan Front Nusra, Hayat Tahrir al Sham telah mengendalikan operasi tersebut. Tahrir sendiri sebenarnya bentrok dengan ISIS dalam waktu beberapa tahun terakhir.

Dilansir dari Newsweek, setelah menerima intelijen yang dapat ditindaklanjuti, serangan pun disahkan oleh Komando Operasi Khusus Gabungan. Hal ini dikarenakan lokasi target penyerbuan khusus Baghdadi telah di bawah pengawasan selama beberapa waktu.

Bahkan, melalui akun Twitter pribadinya, Donald Trump, seperti yang diberitakan Sputniknews.com, mengatakan “Sesuatu yang sangat besar baru saja terjadi,” Sabtu (26/10/2019).

Namun, rincian operasi tak dijabarkan oleh pejabat AS tersebut. Oleh karena itu, rencananya Trump akan mengadakan konferensi pers, sesuai waktu AS, Minggu (27/10).

 

Penulis: Cornelia

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top