Pengamat: Indonesia Harus Waspadai Dampak Perang Rusia dan Ukraina | Pranusa.ID

Pengamat: Indonesia Harus Waspadai Dampak Perang Rusia dan Ukraina


Ilustrasi: Serangan udara melalui jet tempur

PRANUSA.ID– Pengamat militer dari intelijen Susaningtyas Kertopati, mengatakan pemerintah Indonesia harus mewaspadai dampak yang ditimbulkan oleh perang Rusia-Ukraina, khususnya pada sektor perekonomian nasional.

Menurutnya, sejumlah langkah strategis harus disiapkan secara matang oleh pemerintah guna mengantisipasi kemungkinan terburuk bagi kondisi sosial-politik di dalam negeri.

“Jadi efek dominonya yang paling penting adalah harga pangan impor naik diikuti kenaikan barang lokal, biaya logistik melonjak, harga BBM menanti subsidi yang lebih besar, lonjakan harga minyak tak dapat dihindari,” kata Susaningtyas dalam keterangannya dilansir dari Antara, Jumat (25/02/2022).

Selain antisipasi di dalam negeri, sambungnya, Indonesia juga harus waspada terhadap kemungkinan negara tertentu yang malah mengambil kesempatan ketika dunia internasional sibuk menghadapi Rusia.

Salah satunya, ia mendorong agar gelar operasi militer di Laut Natuna Utara tetap wajib untuk terus dilakukan untuk mencegah serangan mendadak yang dapat merugikan pertahanan Indonesia.

Hal penting lainnya, kata dia, pemerintah Indonesia harus segera mengevakuasi WNI yang berada di Ukraina.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top