2024, Menkes Terawan Harap Orang Indonesia Tak Lagi BAB Sembarangan | Pranusa.ID

2024, Menkes Terawan Harap Orang Indonesia Tak Lagi BAB Sembarangan


 

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Kompas)

PRANUSA.ID — Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menargetkan pembangunan jamban sehat yang lebih banyak di Indonesia pada tahun 2024.

Menurutnya, hal itu dilakukan sesuai amanat Sustainable Development Goals (SDGs) sehingga tak akan ada lagi orang Indonesia yang buang air besar (BAB) sembarangan.

“Tahun 2024, kita capai Indonesia 100 persen ODF (open defecation free). Tidak ada lagi orang praktik buang air besar sembarangan,” kata Terawan ketika menjadi pembicara dalam Rakornas Sanitasi Total Berbasis Masyarakat 2020, Jumat (13/11).

Sebagai catatan, pemerintah dengan bekerja sama bersama TNI sudah berhasil membangun 1 juta jamban sehat di 290 desa sepanjang tahun 2020.

Selain itu, Terawan juga menyetujui ajakan Mantan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto soal sanitasi dan air minum bersih yang harus dipastikan secara merata.

Ajakan itu digagas oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa. Dia menyoroti pentingnya pembangunan saluran air minum bersih pada Maret, Juni, dan September 2021

Mengingat setiap negara diamanatkan untuk selalu memastikan akses air minum bersih dan sanitasi yang aman di tahun 2030.

(Pss/Pranusa)

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top