Amanat dari Rakyat Jadi Alasan PSI Deklarasi Ganjar Capres 2024 | Pranusa.ID

Amanat dari Rakyat Jadi Alasan PSI Deklarasi Ganjar Capres 2024


FOTO: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Dok. Harian Haluan).

PRANUSA.ID– Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia, Dedek Prayudi, mengungkapkan alasan di balik partainya mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai calon presiden 2024. Ia menyebut hal tersebut adalah atas keinginan rakyat Indonesia dan partainya akan memperjuangkan kehendak rakyat tersebut.

Dedek menyebut partainya sudah melakukan sejumlah profiling terhadap nama-nama tokoh yang akan dijagokan sebagai capres yang diusung sejak tahun lalu. Ia berkata nama Ganjar Pranowo sebagai nama yang paling memenuhi kriteria.

“Kita sudah menetapkan sejumlah nama dari proses pencapresan sebenarnya sudah dari 2021 yang kemudian dikristalkan pada Februari 2022,” ujar dia pada Ahad, 23 Oktober 2022.

Dalam proses penyaringan nama para tokoh yang akan dideklarasikan oleh PSI, Dedek menyebut seluruhnya adalah murni pilihan rakyat. Ia menjelaskan PSI pada mulanya menyaring tokoh-tokoh yang sekiranya yang mampu memperjuangkan nasionalisme dan kebhinekaan. Dari nama-nama tersebut barulah disodorkan kepada masyarakat untuk dipilih.

“Partai kami memakai sistem voting yang bisa dilihat di situs kami. Dari nama-nama yang kami sodorkan, nama Pak Ganjar adalah yang paling dikehendaki rakyat,” kata Dedek.

Dia juga berkata PSI tidak mempersoalkan Gajar Pranowo yang merupakan kader partai lain. Dedek menjelaskan, bagi PSI, visi dan misi calon yang diusung jauh lebih penting daripada identitas atau kelompok dari tokoh tersebut.

“Bagi kami dalam memperjuangkan kehendak rakyat kami harus menerima keinginan rakyat meskipun dia berbeda jaket atau bahkan tidak memiliki jaket,” ujar dia dalam sebuah acara diskusi publik.

Beberapa waktu lalu, PSI mendeklarasikan Ganjar sebagai capres 2024. Belakangan, Ganjar juga mengaku dirinya siap maju menjadi calon presiden jika ada partai yang mengusungnya. Hal tersebut ditanggapi oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristianto. Hasto berkata partai akan memintai klarifikasi dari Ganjar Pranowo.

“Masalah capres ya belum dilakukan pengumuman oleh Bu Mega. Ya kita tunggu saja momentumnya, Pak Ganjar pun akan kami lakukan klarifikasi terkait pernyataannya,” kata Hasto di GBK Arena, Jakarta Pusat, Minggu, 23 Oktober 2022.

Laporan: Bagas R.

Editor: Jessica C.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top