Anies: Kurangi Bukber di Luar, Berisiko Saat Buka Masker di Jam yang Sama


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Ady Anugrahadi/Liputan6.com)

PRANUSA.ID — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warganya untuk berbuka puasa di rumah dan selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Saya imbau pada masyarakat untuk pilih buka di rumah bersama dengan keluarga dan hindari kerumunan,” kata Anies kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (22/4/2021).

Menurutnya, berbuka puasa bersama di luar tetap akan berpotensi memicu interaksi antar masyarakat ketika membuka masker untuk makan sehingga berisiko besar menyebarkan dan menularkan COVID-19.

“Kegiatan peribadatan dibatasi 50% itu relatif aman, bukbernya walaupun dibatasi 50% kalau semua buka masker di jam yang sama maka di ruang tertutup risikonya jadi besar,” ungkap Anies.

Untuk itu, ia menegaskan agar warga DKI berbuka puasa bersama keluarga di rumah dan mengurangi aktivitas buka puasa bersama di luar selama bulan puasa ini.

“Bukalah di rumah, bukalah di tempat yang tidak merupakan kerumunan, karena pada saat buka bersama harus membuka masker dan situlah letak masalah utama,” pintanya.

Apalagi, tren beberapa waktu lalu sudah menunjukkan terjadinya penurunan kasus positif COVID-19. Maka dari itu, Anies meminta seluruh warga untuk konsisten menerapkan prokes COVID-19.

“Tren yang sempat terjadi beberapa waktu ini yaitu penurunan harus kita jaga dengan konsisten, masker konsisten, untuk cuci tangan, jaga jarak, dan selama musim bulan puasa ini betul-betul kurangi aktivitas buka [puasa] bersama,” tegasnya.

Penulis: Bagas R.
Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top