Bahas Penanganan Banjir, Ganjar Banjir Pujian dari Duta Besar Belanda | Pranusa.ID

Bahas Penanganan Banjir, Ganjar Banjir Pujian dari Duta Besar Belanda


Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Dok. Harian Haluan).

PRANUSA.ID — Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns mengungkapkan maksud kedatangannya menemui Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Grijns mengatakan telah mendengar upaya-upaya pemerintah dalam menanggulangi banjir. Untuk itu, ia bermaksud kembali menjalin kerja sama dengan pihak Jateng terkait penanganan banjir dan rob.

“Terima kasih kami sampaian kepada Bapak Gubernur atas sambutan yang sangat impresif juga tentang tantangan yang dimiliki Gubernur Jawa Tengah serta pemerintah yang sangat banyak terkait menejemen perairan atau banjir,” katanya dikutip PranusaID dari JPNN, Kamis (30/9).

“Kami akan terus dengan proyek untuk daerah-daerah yang ada di sekitar Pantura dan di garis pantai. Yang pertama yang kami lakukan untuk mem-protect atau menjaga daerah di sekitar bibir laut,” ungkap Grijns.

Grijns mengungkapkan proyek tersebut akan dilakukan secara alami melalui penanaman mangrove yang bertujuan untuk menjaga daerah di pesisir pantai dan menanamkan rasa cinta masyarakat terhadap lingkungannya.

“Membuat mereka mencintai lahan atau tempatnya, menjaga bersama daerah agar tahan erosi, dan juga membuat masyarakat mencintai lingkungannya dan memiliki kehidupan yang layak,” jelasnya.

Selain itu, dia juga mengapresiasi semua yang telah dilakukan Ganjar. Ia menyadari apa yang pihaknya berikan tidak bisa dibandingkan dengan semua yang Ganjar kerjakan dalam jalinan kerja sama mereka.

“Sebenarnya ini bukan apa-apa karena Bapak Gubernur sudah bekerja luar biasa banyak. Jadi ini hanya bantuan dari kami untuk memberikan kehidupan yang lebih baik,” tutur dia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuturkan bahwa beberapa waktu lalu sudah dilakukan diskusi terkait kerja sama Jawa Tengah dengan Belanda, yang sebenarnya sudah berjalan. Seperti penanganan banjir, rob, dan kawasan-kawasan di Pantura.

“Sebenarnya kerja sama itu sudah berjalan, dan kami merasa terhormat karena Duta Besar datang untuk kembali melihat dan mengingatkan hal ditawarkan, mana yang mesti diselesaikan dan kami akan kami tindaklanjuti,” jelas Ganjar.

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top