Bela Munarman, Rocky Gerung: Ide Mendirikan Negara Islam Bukan Makar | Pranusa.ID

Bela Munarman, Rocky Gerung: Ide Mendirikan Negara Islam Bukan Makar


FOTO: Tokoh oposisi dan pengamat politik, Rocky Gerung.

PRANUSA.ID– Pengamat politik, Rocky Gerung hadir sebagai saksi ahli yang meringankan untuk terdakwa Munarman dalam kasus dugaan tindak pidana terorisme.

Pada proses persidangan tersebut, Rocky mengatakan, selama masih dalam kerangka berpikir, maka keinginan mendirikan negara Islam tidak bisa dianggap makar.

Ia pun menambahkan, gagasan untuk mendirikan negara Islam sendiri sebenarnya sudah lama di Indonesia.

“Ada. Dalam Piagam Jakarta ada negara Islam, tetapi tidak sama dengan yang dibayangkan publik internasional,” kata Rocky di PN Jaktim, Rabu (2/3/2022).

Yang menjadi persoalan, menurut Rocky, pengetahuan publik internasional soal negara Islam sering kali mengacu pada ISIS.

Penasihat hukum Munarman kemudian bertanya ke Rocky soal pikiran ingin mendeklarasikan negara Kristen atau Katolik, apakah otomatis disebut makar? Rocky tegas menolak anggapan tersebut.

“Tidak. Orang beraspirasi ingin negara Kristen, Katolik, Hindu, dan segala macam, itu hanya di tingkat reason dia,” katanya.

Menurut mantan dosen filsafat di Universitas Indonesia ini, selama masih di dalam pikiran, maka seharusnya hal seperti itu tidak menjadi soal.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top