Belakangan Aktif Kritik Jokowi, Pengamat: Manuver Puan untuk Pemilu


Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Foto : Geraldi/Man)

PRANUSA.ID– Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menilai sikap Puan yang belakangan ini kritis terhadap pemerintah terutama soal penanganan COVID-19 merupakan bagian dari strategi untuk mencari simpati publik dalam konteks kepentingan Pemilu 2024.

Menurutnya, hal itu juga tidak terlepas dari kondisi rivalnya di internal PDIP yakni, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, yang belakangan sedang melandai aktif di media sosial selama PPKM berlangsung.

Puan, menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu, tengah tancap gas merebut peluang tersebut. Terlebih, baliho Puan sudah banyak terpampang di beberapa daerah di Pulau Jawa.

“Jadi Puan tancap gas di saat Ganjar tak bisa apa-apa. Ini hal biasa dalam politik,” ujar Ujang dikutip Pranusa.ID, Selasa, (03/08/2021).

Ujang menilai langkah Puan tersebut sebagai strategi politik sudah tepat di mana ia memang harus mengambil peran membela kepentingan masyarakat. Sebaliknya, apabila Ketua DPP PDIP itu mengikuti arus pemerintah, maka elektabilitasnya tidak akan naik.

Sebab, kata Ujang, pemerintah saat ini sedang menjadi sorotan sebagian besar publik karena kinerjanya yang dinilai tidak memuaskan dalam menangani COVID-19.

“Cara yang bagus dan efektif ya memang harus kritis terhadap pemerintah. Memang harus seperti itu. Karena kalau masih ikut permainan pemerintah, Puan akan semakin karam,” demikian Ujang.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top