Bukan Luhut, Moeldoko Sebut Jokowi Panglima Tertinggi Penanganan Covid


Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

PRANUSA.ID — Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi merupakan panglima tertinggi dalam penanganan Covid-19 di RI.

Pernyataan itu disampaikannya menanggapi desakan beberapa pihak agar Jokowi tidak lagi menunjuk menteri, namun memimpin langsung penanganan pandemi Covid-19.

“Saya selalu katakan, panglima tertinggi di dalam penanganan Covid adalah Presiden,” kata dia dalam keterangannya, Jumat (6/8).

Menurutnya, koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan dan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto bergerak atas dasar instruksi Jokowi.

“Itu menunjukkan beliau seorang panglima dalam hal penyelesaian Covid. Jadi jangan lagi didiskusikan,” ujar Moeldoko.

Untuk itu, Moeldoko menegaskan tidak ada lagi pihak yang meragukan kepemimpinan Jokowi dalam menangani pandemi. Dia menilai lebih baik jika seluruh pihak bekerja sama dalam penanganan Covid-19.

“Sekali lagi, janganlah membuat persoalan tidak penting di sini. Kritik silakan, tetapi marilah terlibat bersama-sama untuk penyelesaian Covid ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketum Partai Gerindra Fadli Zon mendesak Presiden Jokowi untuk memimpin langsung penanganan Covid-19.

Dengan begitu, Fadli menilai kementerian dan lembaga secara bersama-sama bisa fokus dalam menghadapi darurat pandemi.

Selain itu, desakan serupa juga datang dari Deputi Analisa Data dan Informasi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution, inisiator KawalCovid-19 Ainun Najib, dan sejumlah tokoh lainnya.

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top