Dipaksa Kerja Meski Sakit, TKI Indramayu Minta Tolong Dipulangkan ke Jokowi | Pranusa.ID

Dipaksa Kerja Meski Sakit, TKI Indramayu Minta Tolong Dipulangkan ke Jokowi


Ketua SBMI Cabang Indramayu, Juwarih, saat menunjukan rekaman video Rokaya (40) yang mengalami sakit parah di Arbil, Irak, Jumat (24/9/2021). (Sumber: Kompas TV)

PRANUSA.ID — Rokaya (40), warga Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur, Indramayu, Jawa Barat yang merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) berharap agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa membantunya pulang ke Indonesia.

Rokaya yang saat ini masih berada di Arbil, Irak diketahui tengah sakit parah. Informasi tersebut didapatkan dari sebuah video yang ia buat dan kirimkan ke Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu.

Dalam rekaman video itu, Rokaya mengungkapkan rasa sakit di bagian leher hingga kepalanya. Dia mengaku sudah tidak tahan lagi dengan sakit yang tengah dideritanya tersebut.

“Pak Presiden, bantu aku, Pak. Pulangkan saya ke Indonesia, saya sudah enggak kuat kerja lagi, Pak. Tolong pulangkan saya,” kata Rokaya dengan suara serak dan wajah yang pucat dalam rekaman video seperti dikutip PranusaID dari Kompas TV, Minggu (26/9).

Meski begitu, Ketua SBMI Cabang Indramayu Juwarih mengaku belum mengetahui penyakit apa yang diderita oleh Rokaya.

Pasalnya, Juwarih mengatakan Rokaya tidak diberikan izin oleh majikannya untuk berobat di Irak dan malah diminta untuk tetap kerja.

“Untuk tindakan dari kita, pertama-tama kita akan mengamankan dahulu PMI tersebut dengan meminta bantuan ke pemerintah pusat,” kata Juwarih.

“Agar dia bisa secepatnya diselamatkan dari majikan atau dipulangkan karena sakit parah,” ujarnya.

Juwarih juga berharap agar Presiden Jokowi bisa membantu mewujudkan keinginan Rokaya untuk segera pulang ke tanah air.

Jika Rokaya sudah tiba di Indonesia, ia menyebut SBMI akan mengupayakan agar Rokaya mendapat perawatan di rumah sakit.

Untuk diketahui, Rokaya berangkat ke Arbil, Irak, pada 10 Januari 2021, melalui sponsor bernama Saeni, warga Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

 

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top