Dorong Investasi, Jokowi: Implementasi UU Cipta Kerja Terus Kita Percepat


Presiden Joko Widodo (Jokowi).

PRANUSA.ID — Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemerintah tengah mempercepat implementasi Undang-Undang (UU) RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang pada 5 Oktober 2020 silam sudah melalui tahap pengesahan oleh DPR RI.

Menurutnya, percepatan realisasi UU Cipta Kerja (Ciptaker) tersebut bisa membuka dan memperluas lapangan kerja di tanah air.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD 2021 seperti dikutip Pranusa.ID pada Senin (16/8/2021).

“Fokus pemerintah adalah menciptakan sebanyak mungkin lapangan kerja baru yang berkualitas. Implementasi Undang-Undang Cipta Kerja terus kita percepat,” kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan konsumsi rumah tangga yang selama ini berkontribusi besar dalam membangun struktur perekonomian Indonesia harus dialihkan menjadi lebih produktif, salah satunya melalui investasi.

“Struktur ekonomi kita yang selama ini lebih dari 55% dikontribusikan oleh konsumsi rumah tangga, harus terus kita alihkan menjadi lebih produktif dengan mendorong hilirisasi, investasi, dan ekspor,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyinggung soal Online Single Submission (OSS) yang diluncurkan pemerintah pada pekan lalu.

Ia menilai OSS sangat mempermudah pengurusan izin di semua level dan jenis usaha, terutama usaha yang berisiko rendah.

“Urusan perizinan, pengurusan insentif dan pajak bisa dilakukan jauh lebih cepat, lebih transparan, dan lebih mudah. Kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya,” ujarnya.

 

Penulis: Jessica C. Ivanny

Editor: Bagas R. 

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top