Dukung Anies, NasDem Kehilangan Suara di Indonesia Timur | Pranusa.ID

Dukung Anies, NasDem Kehilangan Suara di Indonesia Timur


FOTO: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Nasdem Surya Paloh.

PRANUSA.ID– Lembaga survei Saiful Mujani Research and Center (SMRC) memprediksi Partai NasDem bakal kehilangan banyak suara di Indonesia bagian timur di Pemilu 2024 jika mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menyebut dukungan pada NasDem menurun sejak dikabarkan dekat dengan Anies Baswedan sejak beberapa bulan lalu.

“Dukungan pada Partai NasDem di Indonesia bagian Timur mengalami penurunan dari 10.8 persen (Mei 2021) menjadi 3,9 persen (Agustus 2022),” ungkap Deni saat memaparkan hasil survei secara daring, Kamis (6/10).

Menurut Deni, profil pemilih di Indonesia Timur mayoritas merupakan pemilih non-muslim. Sementara Anies selama ini lekat dengan kelompok-kelompok Islam.

NasDem, kata Deni, bakal kehilangan banyak suara di pileg. Pasalnya, selama ini pemilih NasDem banyak yang berasal dari Indonesia timur.

Ketika NasDem semakin dekat dengan Anies sejak setahun terakhir, maka pendukungnya di Indonesia timur memalingkan dukungan.

“Bagaimanapun kita juga melihat proporsi pemberitaan kedekatan antara NasDem dengan Anies lebih banyak dibanding dengan dua tokoh yang lain,” paparnya.

Deni pun memaparkan selama Pemilu 2019, pemilih NasDem juga lebih banyak disumbang dari pendukung pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin ketimbang pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurutnya, sebanyak 12 persen pemilih Jokowi pada Pilpres 2019 ikut memilih NasDem sebagai partai pilihan.

“Dukungan dari masa pemilih Jokowi selalu lebih besar dibanding dukungan dari masa pemilih Prabowo, jadi ini indikasi bahwa Jokowi pada saat 2019 memberikan dampak yang positif terhadap elektabilitas NasDem,” tegasnya.

Survei yang dilakukan oleh SMRC melibatkan 1.053 responden yang dipilih secara acak. Wawancara dilakukan dengan tatap muka. Margin of error survei ini kurang lebih sebesar 3,1 persen.

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top