Elektabilitas Tinggi, Ganjar: Saya Fokus Dulu di Jawa Tengah | Pranusa.ID

Elektabilitas Tinggi, Ganjar: Saya Fokus Dulu di Jawa Tengah


FOTO: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Merdeka.com)

PRANUSA.ID– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi survei berbagai lembaga yang menempatkan dirinya teratas sebagai calon presiden ( capres ) 2024. 

Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengaku saat ini fokus bekerja di Jawa Tengah. “Ya enggak apa-apa wong itu survei, tugas saya kerja dulu di Jawa Tengah,” ujar Ganjar Pranowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/11/2022). 

Diketahui, elektabilitas Ganjar Pranowo acapkali berada teratas di sejumlah lembaga survei belakangan ini. Misalnya, hasil survei lembaga Indekstat pada Oktober 2022, elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 menempati urutan teratas.

Direktur Eksekutif Indekstat Rikola Fedri mengatakan pihaknya melakukan sejumlah simulasi terhadap beberapa nama tokoh nasional yang berpotensi menjadi capres 2024. Salah satunya, simulasi 10 nama calon. 

“Jika dikerucutkan menjadi 10 nama, Ganjar 28,1%, kemudian ada Prabowo di nomor dua 22,1%, dan Anies 17,3%,” kata Rikola dalam paparan hasil surveinya, Minggu (6/11/2022). 

Di peringkat keempat, ditempati Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas 8,7%. Disusul, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno 4,8%, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,9%. 

Sementara, di peringkat ketujuh ada nama Ketua DPR Puan Maharani dengan elektabilitas 2,6%. Lalu, Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar 1,6%, Menteri BUMN Erick Thohir 1,1%, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebesar 0,3%. Rikola menyampaikan, pihaknya juga turut melakukan simulasi tiga nama. 

Tiga nama tokoh menempati tiga peringkat teratas, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. “Kita kerucutkan lagi menjadi 3 nama, Ganjar di 35,5%, kemudian ada Prabowo di 28,2%, dan Anies di 24,7%. Dengan angka ini, kita menduga tidak ada yang sampai 50%. Jadi kemungkinan kalau pilpres dilakukan hari ini, itu akan ada dua putaran,” katanya.

Laporan: Bagas R.

Editor: Jessica C.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top