Hebat Banget! Jokowi Bakal Terima Jabatan Bergengsi Kelas Internasional | Pranusa.ID

Hebat Banget! Jokowi Bakal Terima Jabatan Bergengsi Kelas Internasional


Presiden Joko Widodo (wargarukun.com)

PRANUSA.ID — Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menerima jabatan Presidensi G20 di hari kedua pelaksanaan KTT G20 di Roma, Italia pada Minggu (31/10/2021).

Jabatan Presidensi G20 tersebut merupakan salah satu jabatan yang amat bergengsi di kelas internasional.

Presidensi G20 ini merupakan yang pertama bagi Indonesia dan akan dimulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.

“Ini merupakan kehormatan bagi Indonesia, sekaligus tanggung jawab yang besar, yang harus dijalankan dengan baik,” kata Jokowi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Jumat lalu (29/10/2021).

Jokowi sendiri telah tiba di Roma, Italia Jumat (29/10) pukul 17.25 waktu setempat. Ia beserta rombongan mendarat usai menempuh perjalanan udara dengan pesawat Garuda Indonesia selama 13 jam.

Mengutip Biro Pers Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi akan mengikuti sejumlah agenda kerja pada hari kedua penyelenggaraan KTT G20.

Agenda kerja tersebut diawali dengan pertemuan bilateral antara Jokowi dan Managing Director IMF Kristalina Giorgieva di La Nuvola. Kemudian, Jokowi bakal menghadiri sesi KTT G20 tentang perubahan iklim dan lingkungan.

Usai menghadiri sesi tersebut, Jokowi bakal menggelar pertemuan trilateral dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen dan Presiden Dewan Eropa Charles Michel.

Agenda kerja yang dihadiri Jokowi dilanjutkan dengan sesi KTT G20 tentang lingkungan berkelanjutan. Selanjutnya, barulah Jokowi akan menghadiri sesi penutupan KTT G20.

Pada sesi penutupan tersebut, Perdana Menteri Italia Mario Draghi akan menyerahkan jabatan presidensi G20 kepada Presiden Jokowi.

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top