Jadi Pembicaraan Para Elite, Moeldoko Disebut Bisa Jadi Kuda Hitam di 2024 | Pranusa.ID

Jadi Pembicaraan Para Elite, Moeldoko Disebut Bisa Jadi Kuda Hitam di 2024


Ilustrasi: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO:
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

PRANUSA.ID — Koordinator Lembaga Riset dan Penelitian Indonesia, George Kuahaty, menyebut Kepala Staf Kantor Presiden, Moeldoko, bisa menjadi “kuda hitam” di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Moeldoko, menjadi pembicaraan para elite dan jurnalis pasca-Rakernas Projo, di Magelang, Jawa Tengah. Kendati masih spekulasi, tetapi sudah banyak pengamat yang membahas soal Moeldoko,” katanya dikutip dari ANTARA, Senin (13/6/2022).

Menurutnya, Moeldoko adalah satu di antara nama-nama figur yang dapat menentukan arah dan peta politik Indonesia pada 2024 mendatang.

Apalagi, Moeldoko sempat leading di era Pilpres 2019 lalu sebagai cawapres Jokowi.

Februari lalu, George menuturkan hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) yang menyebut nama Moeldoko meraih elektabilitas pada posisi 2,5 persen.

“Ini artinya, nama Ketua Umum HKTI tersebut masuk hitungan. Menurut LSN, elektabilitas yang diperoleh Moeldoko murni karena hasil dari kemampuan, prestasi dan pengalaman dalam mengelola pemerintahan, tanpa adanya pengaruh atau naungan sosoknya di partai politik. Posisi Moeldoko juga diuntungkan lantaran dia berlatar belakang militer,” tutur dia.

Ia menilai, Moeldoko selama menjabat KSP selalu merespons isu-isu negatif yang ditujukan kepada pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

George menganggap Moeldoko selama dua periode jabatannya sebagai KSP, terlihat selalu “pasang badan” yang memperlihatkan tingkat loyalitasnya kepada pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

“Sampai sekarang citra Moeldoko masih tegas, bersih, nasionalis, sisa penguatan imej chemistry Moeldoko dengan Jokowi sudah terbangun cukup lama. Ibarat wild card politik, Moeldoko bagaikan misteri yang harus diikuti. Dapat saja menjadi ‘kuda hitam’ yang memutar fakta semua analisis politik dalam dua tahun ke depan,” ujarnya.

Reporter: WE
Editor: Jessica C.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top