Jokowi soal Suap Perizinan: Jika Ada Aparat Tidak Bersih, Laporkan ke Saya!


Presiden Joko Widodo. (INT)

PRANUSA.ID — Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap agar para pengusaha dalam dan luar negeri, serta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa memanfaatkan sistem Online Single Submission (OSS) dengan baik.

Jokowi menilai sistem OSS yang membantu mempermudah proses perizinan akan meningkatkan volume investasi dan akhirnya memperluas lapangan pekerjaan di tanah air.

“Saya juga yakinkan pelaku usaha, para investor dalam dan luar negeri, para pelaku UMKM, maupun pelaku usaha besar agar memanfaatkan layanan yang super mudah ini sebaik-baiknya agar dapat meningkatkan volume investasi dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” kata Jokowi dalam acara peluncuran OSS di Kantor BKPM pada Senin (9/8/2021).

Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya tidak ingin lagi mendengar adanya kesulitan dan kasus suap proses perizinan di Indonesia.

Menurutnya, reformasi kemudahan layanan perizinan yang ditawarkan OSS akan membantu meningkatkan transparansi.

“Saya tidak mau lagi mendengar ada kesulitan yang dihadapi pengusaha. Saya tidak mau, ada lagi yang melakukan suap,” tutur Jokowi.

“Semua harus dilakukan terbuka, secara transparan dan memudahkan para pengusaha,” lanjutnya.

“Jika ada (menemukan) aparat pemerintah yang tidak bersih, yang mencoba-coba (mencari keuntungan dari proses perizinan), laporkan kepada saya,” tegas Jokowi.

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top