Alue Dohong, Orang Dayak Pertama yang Menjadi Wamen | Pranusa.ID

Alue Dohong, Orang Dayak Pertama yang Menjadi Wamen


(Gambar: Alinea.id)

 

PRANUSA.ID — Presiden Joko Widodo menunjuk Deputi Bidang Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut (BRG) Alue Dohong untuk menjabat sebagai Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Kabinet Indonesia Maju.

Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Tak berselang lama kemudian, presiden langsung melantik ia dan 11 wakil menteri lainnya sekitar pukul 14.00 WIB di Istana. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, Alue Dohong akan membantu Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar.

Sebenarnya penunjukan Alue Dohong sebagai salah satu pejabat pemerintah yang mengisi jajaran kabinet cukup mengejutkan. Pasalnya, ia merupakan orang dayak pertama yang berhasil menjadi wakil menteri.

Bahkan, pada saat sesi perkenalan oleh Presiden Joko Widodo, Alue menjadi wakil menteri ketujuh yang diperkenalkan dengan bangga.

Menurut Jokowi, pengalamannya di BRG dianggap sebagai bekal Alue dalam mengatasi masalah lingkungan hidup, seperti kebakaran hutan dan sebagainya.

Alue sendiri menyebut pemilihan dirinya menjadi salah satu bagian kabinet akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Dayak di Kalimantan.

Dalam keterangan pers, ternyata Alue tidak hanya mendapat penugasan di bidang terkait kehutanan dan lingkungan hidup saja, melainkan turut berbicara tentang ibu kota negara baru di Kalimantan Timur.

“Kita banyak berdiskusi masalah kehutanan, masalah rehabilitasi lahan, termasuk juga kita berdiskusi tentang rencana ibu kota baru di Kalimantan Timur yang berkonsep smart, beautiful, and sustainable city,” jelas Alue.

Selain itu, ia berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan mewakili masyarakat Dayak di Kalimantan.

“Blak-blakan saja mengucapkan terima kasih, karena saya kebetulan suku Dayak, jadi saya yakin kalau takdir saya jadi wakil menteri,” tuturnya.

Menurutnya, itu jadi kebahagiaan bagi suku Dayak yang ada di Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara.

Alue sendiri telah menyebutkan bahwa dia ditakdirkan untuk menjadi wakil menteri. Oleh karena itu, ia berjanji akan menyelesaikan permasalahan kebakaran hutan, sama seperti alasan Jokowi mempercayakan ia menjadi wakil menteri.

 

Penulis: Cornelia

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top