Mahfud MD: Pemerintah Tidak Pernah Anggap Mahasiswa Kritis Sebagai Musuh


Menko Polhukam Mahfud MD. (MI/Susanto)

PRANUSA.ID — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Pohukam) Mahfud MD mengungkapkan pemerintah RI tidak pernah menganggap mahasiswa kritis sebagai musuh.

“Kita tidak pernah menganggap mahasiswa yang kritis itu musuh pemerintah,” katanya dalam dialog virtual bersama para rektor perguruan tinggi negeri-swasta seperti dikutip dari detik.com, Kamis (5/8).

“Kita juga waktunya terbatas untuk ngurus negara. Yang akan meneruskan kita anak-anak yang kritis ini,” lanjut Mahfud.

Untuk itu, ia menilai sikap kritis generasi penerus bangsa tersebut sama sekali tidak boleh dibungkam. Sebaliknya, mereka harus diarahkan untuk bertanggung jawab atas pernyataan sikap kritis yang dilontarkan.

“Sama sekali kita tidak boleh membungkam sikap kritis mahasiswa, dosen, dan lain sebagainya, tapi diarahkan untuk bertanggung jawab,” ungkapnya.

Menurutnya, pemerintah akan sangat kesulitan dalam mengambil kebijakan publik jika tidak ada masukan dan kritik dari rakyat.

“Kita tidak menolak kritik sama sekali. Jika tidak ada kritik, kita sulit mengambil kebijakan mengatasnamakan kepentingan publik,” tutur Mahfud.

Lebih lanjut, dia mengaku senang jika pihak kampus bisa melakukan dialog bersama mahasiswa yang kritis. Maka dari itu, ia meminta seluruh pimpinan perguruan tinggi untuk memfasilitasinya sehingga bisa terus berpikir rasional dan bertanggung jawab.

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top