Ma’ruf soal Covid-19: Dunia Kita Tempat Penuh Ujian Menuju Tempat Pembalasan


Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. (Warta Ekonomi)

PRANUSA.ID — Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin menyatakan bahwa pandemi virus corona (Covid-19) adalah masalah kesehatan dan agama.

“Ini pada hakikatnya adalah upaya untuk menjaga diri, untuk menjaga kehidupan dan masalah ini bukan hanya masalah kesehatan tapi juga masalah keagamaan,” kata Ma’ruf dalam siaran virtual pada Minggu (8/8).

Awalnya, Ma’ruf mengatakan bersabar dalam menghadapi pandemi bukan berarti diam dan tidak melakukan apa-apa. Menurutnya, bersabar yang dimaksud adalah perintah agar umat Islam mau menjaga diri.

Dalam hal ini, menjaga diri bisa dilakukan dengan menaati protokol kesehatan (prokes), bersedia menjalani vaksinasi, dan termasuk melakukan testing, tracing, dan treatment (3T) jika terindikasi atau terpapar Covid-19.

Ma’ruf mengatakan tindakan menjaga diri dari wabah Covid-19 adalah bagian dari perintah agama karena merupakan bagian dari tujuan-tujuan syariat islam atau maqoshidus syariah.

Dia menilai Covid-19 merupakan satu dari banyak cobaan yang datang dari Allah.

“Dunia ini tempat kita mengalami ujian. Dunia ini tempat berlalu yang penuh ujian untuk menuju tempat pembalasan,” ujarnya.

Untuk itu, Ma’ruf mengajak seluruh Muslim menjadikan pendidikan keimanan pada Allah yang diajarkan Rasulullah dan ulama sebagai dasar pijakan dalam menghadapi pandemi.

Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan bahwa bukan hanya pemerintah dan ulama yang bertanggung jawab atas pengendalian Covid-19, namun seluruh elemen bangsa.

“Menjaga bangsa ini tanggung jawab kenegaraan bukan hanya pemerintah juga ulama. Hubul wathon minal iman itu tanggung jawab bersama. Permasalahan Covid tanggung jawab bersama,” ungkapnya.

Penulis: Jessica Cornelia Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top