Megawati: Sedih, Anak-Anak Sekarang Kurang Menghormati Gurunya


Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri

PRANUSA.ID– Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri mengaku prihatin karena saat ini banyak anak-anak yang kurang menghormati gurunya. Hal tersebut ia sampaikan saat hadir dalam Puncak Hari Anak Nasional secara virtual, Jumat (23/7).

“Kalau ibu dengar, ibu sedih, banyak anak-anak sekarang tidak menghormati guru gurunya, padahal dari guru guru itulah kita mendapatkan pelajaran formal di sekolah,” katanya.

Tetapi, menurutnya, guru paling istimewa adalah guru alam. Megawati bilang, bahwa seluruh warga negara Indonesia termasuk anak-anak mempunyai hak yang sama dan setara.

“Ayo berjuang anak-anakku selalu harus belajar, jangan malas. Ibu juga pernah jadi anak-anak, ibu juga pernah jadi malas, aduh yang namanya PR kok bertumpuk ya,” ujarnya.

Ia pun mengajak anak-anak agar mempunyai jiwa pejuang dalam dirinya. Ia meminta anak-anak untuk meninggalkan sifat-sifat buruk, tidak boleh malas, bodoh, dan kalah dengan yang lain.

“Tapi ibu punya fighting spirit, saya tidak mau jadi bodoh makanya ada yang mengunggah dari badan kita sendiri, oh saya enggak mau malas, supaya pintar tidak mau sama anak anak lain saya kalah, nah sebenarnya seperti itulah,” ungkapnya.

Selain itu, Megawati juga ingin anak-anak untuk selalu riang dan gembira dalam menjalani hari-harinya. Ia juga mengingatkan agar setiap anak harus memiliki cita-cita yang tinggi agar berguna bagi bangsa, negara, orang tua, dan juga diri sendiri.

“Perkuatlah rasa percaya diri karena bangga dengan jati diri dan kebudayaan bangsamu itulah yang akan mengangkat kamu menjadi seseorang yang berguna,” pungkasnya.

Laporan: Bagas R
Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top