Menhan: Ideologi Pancasila Tidak Boleh Hancur di Indonesia | Pranusa.ID

Menhan: Ideologi Pancasila Tidak Boleh Hancur di Indonesia


Menhan Ryamizard Ryacudu. (Gambar: rappler.com)

 

PRANUSA.ID — Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, Kamis (3/10/2019), dalam acara bertema “Jaga Bhinneka Tunggal Ika, Siap Bela Negara, Indonesia Rumah Kita”, menyebutkan bahwa apabila ideologi negara Pancasila ini diubah, maka negara ini akan hancur dan hanya akan menjadi sebuah legenda sejarah seperti Kerajaan Majapahit, Sriwijaya, dan lain-lain yang sudah tinggal menjadi nama-nama jalan dan nama-nama gedung.

Dari kata Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya ialah “Meskipun berbeda-beda, tetapi tetap satu jua”, mencerminkan ciri khas bangsa Indonesia yang memiliki keragaman suku, agama, bahasa, namun tetap menjaga persatuan bangsanya.

“Itu semua adalah rohnya bangsa Indonesia menjadi identitas dan jati diri kita semua yang hadir di sini, dan itu semua yang menjadikan dasar terbentuknya bangsa dan negara Indonesia. Dan itulah Pancasila dan itulah Indonesia,” ujarnya.

Namun, sayangnya, ia menilai bahwa masyarakat Indonesia pada saat ini telah dipengaruhi oleh budaya asing. Salah satunya adalah konsep khilafah.

“Oleh karena itu, bila masih ada yang tidak sepaham dengan konsep bangsa ini, apalagi yang masih memperjuangkan konsep khilafah, saya persilakan dengan hormat untuk keluar dari Indonesia dan silakan cari bangsa lain yang sejenis,” tuturnya.

Menurutnya, konsep itu tidak dapat diterapkan di Indonesia, sebab Pancasila dan NKRI adalah ideologi dan bentuk negara yang paling sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

“Jangan merusak bangsa yang sudah baik dan berhidayah ini, di Indonesia ini, Pancasila dan NKRI sudah final dan harga mati,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Cornelia

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top