Natalius Pigai Sebut Orang Jawa Tengah Jokowi dan Ganjar Bunuh Rakyat Papua | Pranusa.ID

Natalius Pigai Sebut Orang Jawa Tengah Jokowi dan Ganjar Bunuh Rakyat Papua


Natalius Pigai. (Ari Saputra/detikcom)

PRANUSA.ID — Mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Natalius Pigai meminta publik untuk tidak memercayai Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

“Jangan percaya orang Jawa Tengah Jokowi dan Ganjar,” kata Natalius Pigai dalam cuitannya di akun Twitter miliknya seperti dikutip pada Sabtu (2/10/2021).

Menurut Pigai, Jokowi dan Ganjar yang merupakan orang Jawa Tengah tersebut telah melakukan perampokan dan menginjak harga diri bangsa Papua.

“Mereka merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat papua, injak-injak harga diri bangsa Papua dengan kata-kata rendahan rasis, monyet, dan sampah,” ungkapnya.

Untuk itu, Pigai menentang ketidakadilan tersebut dan menegaskan bahwa warga Papua bukanlah orang rendahan.

“Kami bukan rendahan. kita lawan ketidakadilan sampai titik darah penghabisan. Saya penentang ketidakadilan,” tutur Pigai.

Natalius Pigai Bantah Dugaan Pesan Rasialisme terhadap Orang Jawa

Natalius Pigai menegaskan bahwa pernyataan itu dibuat sebagai bentuk kritik atas sistem politik Indonesia. Pasalnya, ia menilai sistem saat ini malah menimbulkan ketimpangan kesempatan dalam berpolitik.

Pigai juga membantah telah membuat pernyataan bersifat rasialisme kepada orang Jawa Tengah. Ia mengaku hanya menyebutkan asal daerah Jokowi dan Ganjar saja.

“Kan tidak ada koma di situ. Kalau (saya sebut), ‘Jawa tengah, Jokowi, dan Ganjar Pranowo’, nah itu baru tiga hal variabel yang berbeda-beda. Dua adalah subjek ke individu, satu subjek pulau,” kata Pigai.

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top