Pendiri NU Hilang dari Kamus Sejarah, Nadiem: Itu Sebelum Saya Menjabat


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. (TEMPO)

PRANUSA.ID — Ramai protes bermunculan ketika nama tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hasyim Asy’ari tidak dimuat dalam Kamus Sejarah Indonesia Jilid I.

Menanggapi hal itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebut kamus tersebut disusun sebelum dirinya menjabat sebagai Mendikbud.

“Kamus Sejarah ini disusun tahun 2017 sebelum saya menjabat,” kata Nadiem dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram @nadiemmakarim, Rabu (21/4).

Nadiem menegaskan Kemendikbud sama sekali tidak ada menyatakan Kemendikbud tidak mempunyai niat untuk menghilangkan nama tokoh NU tersebut dalam jejak sejarah.

“Kemendikbud memastikan komitmen penghormatan atas nilai-nilai sejarah dan perjuangan tokoh-tokoh bangsa, termasuk KH Hasyim Asy’ari dan para tokoh penerusnya tidak pernah berubah,” jelasnya.

Apalagi, KH Hasyim Asy’ari adalah kiai guru dan panutan yang telah menorehkan sejarah panjang dalam pengembangan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia.

Lebih lanjut, Nadiem memastikan pihaknya akan segera menyempurnakan kamus itu secara substansi dan teknis berdasarkan pertimbangan dan masukan berbagai pihak.

Penulis: Bagas R.
Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top