Pengamat: Model Kepemimpinan Ganjar Sangat Disukai Kalangan Milenial


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Merdeka.com)

PRANUSA.ID — Kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selama tiga tahun ini dinilai cukup partisipatif lantaran aktif turun langsung ke tengah masyarakat.

Hal itu disampaikan pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Bambang Arianto sebagaimana dikutip Pranusa.ID dari BentengSumbar.com pada Jumat (10/9/2021).

Selain itu, Bambang menyebut Ganjar sebagai salah satu sosok kepala daerah fenomenal yang jarang ditemui di Indonesia.

Hal itu lantaran Ganjar aktif memanfaatkan media sosialnya untuk lebih cepat merespons kebutuhan dan keluhan publik.

“Yang menarik adalah Ganjar mampu menggunakan semua saluran media sosialnya dengan baik untuk merespons semua keluhan maupun persoalan yang terjadi di tengah masyarakat,” ungkapnya.

“Sehingga dengan begitu, prestasi selama tiga tahun memimpin Jawa Tengah cukup baik. Seperti program Jogo Tonggo yang mendorong partisipasi aktif kewargaan untuk saling menjaga dan membantu mulai dari lingkungan terdekat,” kata Bambang.

Selain itu, ia mengatakan prestasi lain yang berhasil dilakukan Ganjar adalah program digitalisasi UMKM dengan target 700 ribu UMKM untuk go digital hingga 2022.

Dia juga menyoroti program Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) dan sambungan listrik gratis sebagai upaya Ganjar menurunkan angka kemiskinan di Jateng.

“Termasuk pula ada program SPP gratis bagi siswa SMA dan SMK,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bambang meyakini jika Ganjar terus aktif memanfaatkan media sosialnya untuk merespons permasalahan publik, maka ia akan mendapat banyak dukungan dari generasi milenial saat ini.

“Bila hal ini dapat terus dipertahankan, tentulah model kepemimpinan seperti ini sangat disukai kalangan milenial karena tidak membatasi jarak dengan rakyatnya,” tutur Bambang.

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top