Pihak Istana: Video Jokowi dalam Kerumunan Pasien Covid adalah Hoaks


Presiden Joko Widodo. (Inisiatifnews)

PRANUSA.ID– Istana kepresidenan melalui Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretriat Presiden, Bey Machmudin, memberikan klarifikasi terkait sebuah video viral yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang berada di sebuah tenda berisi banyak pasien yang mengenakan masker. 

Dalam narasi yang tersebar di media sosial, disebutkan bahwa Jokowi sedang blusukan ke tenda RS Darurat Covid-19 yang penuh sesak dengan pasien positif.  

Bey Machmudin menyebutkan bahwa narasi tersebut adalah hoaks. Video yang beredar tersebut sebenarnya direkam saat mantan wali kota Solo tersebut sedang mengunjungi lokasi terdampak bencana alam di Pulau Adonara di Kabupaten Flores Timur, NTT, pada 9 April 2021 lalu. 

“Ketika itu presiden meninjau lokasi yang terdampak bencana dan juga lokasi pengungsi di Desa Nele Lamadike, Kecamatan Ile Boleng,” ujar Bey, Senin (28/6). 

Dia memastikan, bahwa Jokowi tidak melakukan blusukan ke tenda darurat untuk perawatan pasien Covid-19 seperti yang tersiar di media sosial. “Jadi bukan video presiden blusukan ke RS darurat pasien Covid-19,” kata Bey. 

Kunjungan kerja terakhir yang dilakukan Presiden Jokowi adalah tinjauan vaksinasi di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri di Jakarta pada Sabtu (26/6) lalu. Di hari yang sama, Presiden juga meninjau vaksinasi di GBK didampingi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top