Pusat Isolasi Anak Sudah Siap, Gibran: Tinggal Orang Tua Beri Izin atau Tidak | Pranusa.ID

Pusat Isolasi Anak Sudah Siap, Gibran: Tinggal Orang Tua Beri Izin atau Tidak


Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (Dok. Gesuri).

PRANUSA.ID — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan tempat isolasi terpusat (isoter) untuk anak.

“Untuk isoter anak sudah disiapkan, tinggal orang tua mengizinkan anak diisolasi atau tidak, tinggal itu saja,” kata Gibran dilansir ANTARA pada Rabu (3/11/2021).

Gibran mengatakan isoter untuk anak tersebut bakal melibatkan orang tua sebagai pendamping. Untuk itu, dia memastikan orang tua akan ditempatkan di ruangan yang sama dengan anak.

“Nanti ada ‘treatment’ (penanganan) khusus. Yang penting orang tua mengizinkan, daripada satu rumah dikurung semua, mending diisoter biar bapak ibunya bisa tetap bekerja,” ujar Gibran.

Meski begitu, Gibran menyampaikan, masih ada sejumlah orang tua maupun anak yang menolak menjalani tes usap dan isoter.

“Bukan cuma diisoter, di-‘swab’ (tes usap) saja banyak yang menolak,” imbuhnya.

Untuk diketahui, isoter tersebut disiapkan Pemerintah Kota Solo untuk anak usai ditemukannya klaster pembelajaran tatap muka (PTM) beberapa waktu lalu.

Gibran menuturkan, pihaknya bersama Kementerian Kesehatan akan kembali melakukan program surveilans berupa tes usap secara acak di sekolah-sekolah pada bulan November ini.

“Jalan terus surveilans, kami lakukan lagi di beda sekolah, nanti bulan November segera dari Kementerian Kesehatan juga,” ujarnya.

“Angkanya (kasus Covid) pasti naik tetapi kami pastikan terkendali. Ini untuk memastikan mana yang sehat mana yang tidak, kan kebanyakan OTG,” tutur Gibran.

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top