Ramai-Ramai Internal PAN Dukung Ganjar Jadi Capres di 2024 | Pranusa.ID

Ramai-Ramai Internal PAN Dukung Ganjar Jadi Capres di 2024


FOTO: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

PRANUSA.ID– Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, meruak di internal Partai Amanat Nasional (PAN). Sejumlah Dewan Pengurus Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar untuk melenggang sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno, mengaku tidak heran dengan deklarasi Ganjar tersebut. Sebab, kata dia, Ganjar termasuk dalam 9 nama usulan Capres 2024 yang diumumkan partainya pada akhir Agustus lalu.

“Ketika mengumumkan 9 nama, itu hasil penjaringan yang ada di kabupaten dan kota. Nah di antara nama-nama yang keluar memang Ganjar. Sementara nama yang disampaikan DPW dan DPD ada nama Ganjar juga, ngga heran kalau dideklarasikan karena memang bagian dari proses penjaringan,” kata Eddy kepada Tempo, Senin, 17 Oktober 2022.

Eddy menyebut partainya memang dekat dengan Kepala Daerah, utamanya di daerah Jawa, termasuk Ganjar. Bagaimana pun, kata dia, mayoritas penduduk Indonesia bertempat di pulau ini. Oleh sebab itu, Eddy mengatakan interaksi dengan Kepala Daerah berlangsung secara intensif.

“Kita dekat dengan seluruh Kepala Daerah utamanya di Jawa. MIsalnya dengan Ridwan Kamil, Ibu Khofifah, bahkan juga dengan Anies, kita semua dekat. Pada umumnya kita dekat dengan Kepala Daerah khususnya di Jawa,” ujarnya.

Dalam beberapa kesempatan, Eddy mengatakan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, mengundang Ganjar untuk membuka acara internal. Adapun daerah yang dipimpin Ganjar yakni Jawa Tengah disebut Eddy merupakan salah satu daerah yang menjadi perhatian partainya untuk mendapatkan kursi.

“Dalam beberapa kesempatan Pak Zulkifli mengundang Ganjar untuk membuka acara internal,” kata dia.

Sebelumnya, Zulkifli Hasan mengumumkan 9 usulan nama Capres dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN. Di antaranya Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, dan Khofifah Indar Parawansa.

Sementara itu pada 13 Oktober lalu, DPW PAN Kalimantan Selatan mendeklarasikan Ganjar sebagai Capres 2024. Nantinya keputusan ini bakal disampaikan kepada Dewan Pengurus Pusat (DPP) PAN agar berkenan mengusung Ganjar dalam Pilpres 2024.

“Kami melihat karakter Ganjar dan kinerjanya pertama-tama sangat bagus. Ganjar sosok pemimpin cerdas, pemimpin yang cocok untuk kebutuhan Indonesia ke depan. Kita sudah melihat begitu baik,” kata Ketua Umum DPW PAN Kalimantan Selatan, Muhidin.

Laporan: Tempo.co

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top