SBY Daftar HAKI Demokrat Atas Nama Pribadi, Syarief Hasan: Itu kan Haknya!


Partai Demokrat (SINDOnews).

PRANUSA.ID — Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendaftarkan Partai Demokrat sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atas nama pribadi ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada 19 Maret lalu.

Menanggapi hal tersebut, anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan membela SBY dengan menyebut Ketua Majelis Tinggi Demokrat itu memang termasuk salah satu pihak yang terlibat dalam menciptakan Demokrat.

“Memang itu kan haknya, penciptanya dia (SBY) kan, pribadi dia,” kata Syarief dalam keterangannya sebagaimana dikutip CNN Indonesia, Senin (12/4/2021).

Sebelumnya, Wisnu Herryanto Krestowo menuding SBY bukan berstatus sebagai pendiri Demokrat dan hanya terdaftar sebagai pengguna Partai Demokrat.

Ia juga mengklaim menjadi salah satu pendiri Demokrat yang turut merancang dan menciptakan logo Demokrat bergambar bintang segitiga merah putih tersebut.

Klaim dari sejumlah pendiri Partai Demokrat itu secara tegas ditolak Syarief. Dia menilai SBY-lah yang sejak awal telah menciptakan dan membangun ideologi partai Demokrat.

“Pendiri partai itu tidak punya kontribusi di dalam membuat semua itu. Pendiri partai itu cuma administrasi ke notaris dan Kemenkumham, kecuali Vence Rumangkang,” jelasnya.

Menurut Syarief, SBY jugalah yang telah membuat mars dan hymne Partai Demokrat. “Tidak ada (pendiri partai yang memberikan sumbangsih), itu mars, hymne Partai Demokrat totally ciptaan Pak SBY,” ujar dia.

Syarief meyakini, alasan SBY mendaftarkan HAKI Demokrat atas nama pribadi itu pasti untuk menghindari klaim kepemilikan dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

“Kalau itu yang jelas kan jangan sampai nanti ada klaim dari orang-orang yang tidak punya kontribusi dalam mendirikan partai,” imbuhnya.

Laporan: Bagas R.
Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top