Sempat Peringkat ke-35, Indonesia Akhiri Olimpiade Tokyo di Peringkat ke-55


Ilustrasi: Greysia Polii/Apriyani Rahayu, peraih medali emas di Olimpiade Tokyo. (Okezone)

PRANUSA.ID– Indonesia menutup perjalanan di Olimpiade Tokyo 2020 dengan duduk di peringkat ke-55 melalui perolehan lima medali, terdiri atas satu emas, satu perak dan tiga perunggu. Demikian kutipan informasi dilansir dari laman resmi Olimpiade, Minggu (08/08/2021).

Hasil tersebut juga menempatkan Indonesia berada di posisi kedua terbaik di antara negara-negara Asia Tenggara, di bawah Filipina yang berada di peringkat ke-50 dengan raihan satu emas, dua perak dan satu perunggu.

Indonesia sendiri sempat berada di posisi ke-35, peringkat tertingginya di Tokyo, pada 2 Agustus berkat raihan emas Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan satu perunggu dari Anthony Sinisuka Ginting pada cabang bulu tangkis.

Namun posisi Indonesia merosot hingga ke urutan ke-55 karena sudah tidak bisa menambah medali mengingat tidak ada lagi atlet Tanah Air yang berlaga di Tokyo sejak 2 Agustus. Sementara itu, negara-negara lain menambah pundi-pundi medalinya hingga hari terakhir Olimpiade.

Kontingen Indonesia sebelumnya diberi target oleh pemerintah bisa mengalami peningkatan peringkat dari posisi ke-46 di Rio 2016 menjadi posisi ke-40 di Olimpiade 2020 Tokyo.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top