Sering Tak Hadir di Rapat Paripurna, Fraksi PDIP-PSI Sindir Anies Baswedan | Pranusa.ID

Sering Tak Hadir di Rapat Paripurna, Fraksi PDIP-PSI Sindir Anies Baswedan


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya Ahmad Riza Patria.

PRANUSA.ID– Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kembali tidak menghadiri secara langsung rapat paripurna yang diselenggarakan oleh DPRD DKI Jakarta, Rabu (08/09/2021). Kali ini, ia diwakili oleh wakilnya, yakni Ahmad Riza Patria.

Adapun rapat paripurna tersebut dilaksanakan untuk membahas Laporan Badan Anggaran Hasil Pembahasan Terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2020.

Menanggapi ketidakhadiran mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayan tersebut, Anthony Winza, Sekretaris Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta melayangkan sindiran.

“Sebelumnya saya mau mengucapkan terima kasih kepada pak wagub yang selalu hadir di rapat-rapat penting seperti ini menggantikan pak gubernur yang saya lihat kalau di rapat seperti anggaran ini tidak terlihat hadir mungkin ada kesibukan lain, tapi saya menghargai pak wagub,” katanya saat menyampaikan interupsi pada rapat paripurna DPRD DKI Jakarta.

Anggota Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak juga turut menyoroti sikap Anies Baswedan yang sering absen dari rapat bersama DPRD DKI Jakarta.

“I am waiting for somebody (saya menunggu seseorang),” sindirnya.

Menanggapi sindiran yang muncul, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang menjadi delegasi menjelaskan, Anies Baswedan tidak hadir ke rapat paripurna bukan karena disengaja melainkan karena ada halangan.

“Kalau pak Anies Baswedan berkesempatan tentu beliau juga akan hadir bersama dengan wagub. Tapi hari ini, pak gub ada acara lain yang tak bisa diwakilkan, dan saya wakili,” tuturnya.

Menurut Ariza, absennya seorang kepala daerah dalam sebuah rapat bersama DPRD merupakan hal yang biasa.

“Saya kira itu biasa saja, gubernur dan wagub, bupati, wali kota, bergantian tidak mesti bersama-sama hadir. Kita bagi tugas,” tuturnya.

Saat rapat paripurna itu berlangsung, secara terpisah Anies Baswedan memimpin rapat bersama Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) DKI Jakarta.

Rapat tersebut membahas pengendalian Covid-19 mengantisipasi adanya potensi gelombang ketiga.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top