Soal Pidato Presiden di COP26, Aktivis: Seluruh Klaim Jokowi Omong Kosong! | Pranusa.ID

Soal Pidato Presiden di COP26, Aktivis: Seluruh Klaim Jokowi Omong Kosong!


Presiden Joko Widodo. (INT)

PRANUSA.ID — Jurukampanye Hutan Greenpeace Indonesia M. Iqbal Damanik menilai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri KTT PBB terkait perubahan iklim (COP26) di Glasgow, Skotlandia penuh omong kosong.

“Klaim-klaim Jokowi seluruhnya adalah omong kosong,” kata Iqbal Damanik dalam keterangannya beberapa waktu lalu seperti dikutip PranusaID dari Rmol ID, Kamis (4/11).

Untuk diketahui, Jokowi menuturkan soal keberhasilan Indonesia dalam menurunkan angka kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Akan tetapi, Iqbal menilai penurunan Karhutla tidak bisa dikatakan sebagai prestasi. Menurutnya, musim basah dengan curah hujan yang cukup tinggi yang membuat angka Karhutla menjadi rendah.

Selain itu, ia juga mengkritik pernyataan Jokowi yang mengurai soal transisi energi yang dilakukan Indonesia. Iqbal menilai pemerintah belum terlihat serius dalam mengimplementasikannya.

Hal itu lantaran Kementerian ESDM dan PLN masih akan membangun 13,8 giga bahan bakar listrik dari bahan bakar batu bara.

Lebih lanjut, ia merasa pernyataan Jokowi yang memasang target rehabilitasi 600 hektare mangrove pada 2024 mendatang juga hanyalah omong kosong belaka.

“Ini penanda bahwa Indonesia tidak akan beralih dari industri ekstraktif, tidak akan berkontribusi secara nyata dan betul-betul berkomitmen dalam menangani krisis iklim,” tututnya.

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top