Solo Raih Penghargaan Pembangunan Daerah, Gibran: Tidak Boleh Berpuas Diri


Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menerima penghargaan pembangunan daerah tahun 2021 kategori kota terbaik II dari Gubernur Jawa Tengah. Foto: Ist.

PRANUSA.ID– Pemerintah Kota Solo berhasil mendapatkan penghargaan pembangunan daerah tahun 2021 untuk kategori kota.

Adapun tiga kota yang mendapatkan penghargaan, yakni Kota Semarang (peringkat 1), Kota Solo (peringkat 2), dan Kota Magelang (peringkat 3).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu (11/4/2021).

Meskipun bersyukur bisa meraih penghargaan tersebut, Gibran sendiri mengaku bukan berarti pihaknya boleh berpuas diri. Menurutnya, penghargaan yang baru didapat adalah pemicu semangat untuk terus melakukan pembangunan. 

“Tentu Solo belum bisa berpuas diri, ini menjadi pecutan semangat bagi Kota Bengawan untuk terus memperkuat pembangunan daerah demi kesejahteraan warganya,” katanya. 

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan pentingnya kota dan kabupaten untuk memiliki perencanaan yang matang di tengah pandemi Covid-19. 

“Kita harus perkuat sinergi antara pusat, provinsi, dan kabupaten untuk pemulihan perekonomian. Lakukan terobosan baru yang inovatif untuk meningkatkan pendapatan,” jelas Ganjar. 

Ia pun menyebutkan pentingnya akselerasi proyek-proyek strategis sebagai salah satu upaya untuk mendorong pemulihan perekonomian.

Hal tersebut juga selaras dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Badan Litbang Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni yang memberikan arahan terkait pelaksanaan Musrenbang agar fokus pada pemulihan ekonomi dan reformasi birokrasi.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top