Soroti Penyaluran Bansos, Kader PKS Minta Risma Libatkan DPR


Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Foto: Kemensos)

PRANUSA.ID– Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Bukhori Yusuf, mempertanyakan sejauh mana keberpihakan Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) terhadap warga rentan dan miskin yang terdampak perpanjangan PPKM.

Menurutnya, sampai saat ini, manfaat dari program Kemensos seperti bantuan sosial (bansos) belum benar-benar mampu dirasakan oleh masyarakat. Padahal, sambungnya, bansos merupakan program yang diharapkan mampu menjadi solusi masyarakat yang menjerit karena pandemi. Ia lantas menyinggung tidak optimalnya progam bantuan dari Kemensos karena terdapat masalah dalam pengelolaan dan distribusinya.

“Bagaimana mungkin program Kemensos bisa sukses menyelesaikan masalah rakyat, sementara programnya sendiri masih dirundung masalah, carut marut DTKS yang belum tuntas hingga praktik pungli di tataran bawah,” ucapnya, Kamis (05/08/2021).

“Sebenarnya hal ini bisa ditanggulangi jika saja Kemensos, dengan berbesar hati, intensif berkomunikasi dengan Komisi VIII DPR supaya bisa kami bantu,” imbuh Bukhori.

Politikus PKS itu mengimbau supaya Kemensos konsisten melibatkan DPR dalam menjalankan program eksisting hingga program baru yang berdampak luas di masyarakat.

“Pelibatan DPR adalah keputusan tepat dan bijaksana karena aktivitas anggota dewan bersinggungan langsung dengan dinamika masyarakat di akar rumput,” pungkasnya.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top