Survei CPCS: 79,3 Persen Publik Puas pada Kinerja Presiden Jokowi | Pranusa.ID

Survei CPCS: 79,3 Persen Publik Puas pada Kinerja Presiden Jokowi


Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (pikiranrakyat)

PRANUSA.ID — Mayoritas publik masih puas terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sekalipun di tengah kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok.

Hal itu sebagaimana ditemukan dari hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) yang dilakukan pada 11-20 April 2022.

“Meskipun ramai polemik kenaikan harga, mayoritas publik masih merasa puas terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi,” kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta, dilansir Antara, Jumat (29/4/2022).

Dalam survei tersebut, katanya, sebanyak 79,3 persen responden merasa puas, dimana 8,5 persen diantaranya menyatakan sangat puas. Sebaliknya, 18,9 persen responden merasa tidak puas, dengan 1 persen di antaranya merespons tidak puas sama sekali; sedangkan sisanya sebanyak 1,8 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Isu kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok, khususnya minyak goreng, telah berlangsung setidaknya sejak September 2021 dan diikuti dengan kelangkaan stok ketika Pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi (HET).

Pemerintah kemudian memutuskan mencabut HET yang berdampak pada naiknya harga minyak goreng. Meski begitu, kelangkaan tersebut berhasil diatasi.

“Larangan ekspor CPO bisa menjadi instrumen yang efektif untuk mengendalikan harga minyak goreng di dalam negeri, serta menjadikan negara kita yang merupakan produsen sawit terbesar di dunia sebagai kekuatan penentu harga minyak nabati secara global,” katanya.

Survei CPCS melibatkan 1.200 responden mewakili 34 provinsi dengan diwawancarai secara tatap muka. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error sekitar 2,9 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.
Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top